Pengertian Brainware: Fungsi, Jenis dan Komponennya

Iqbal Widiarko
Jumat 29 Juli 2022 14:40 WIB
Pengertian Brainware: Fungsi, Jenis dan Komponennya
Pengertian brainware, fungsi, jenis dan komponennya. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Pengertian Brainware dapat menambah pengetahuan kamu dalam mengenal istilah sistem yang mendukung berjalannya sebuah jaringan dalam sebuah komputer. 

Brainware juga dianggap sebagai aspek manusia dalam sistem komputer yang menjadi pusat seluruh kegiatan berfikir untuk mempersiapkan, mengolah sesuatu yang akan dikerjakan oleh komputer.

Manusia atau seseorang yang menjalankan komputer dimaknai juga sebagai sebuah elemen yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Brainware dalam sistem informasi manajemen bisnis saat ini juga diperlukan untuk menghasilkan informasi yang sangat berguna untuk keberlangsungan organisasi atau perusahaan dalam hal kompetisi dengan perusahaan lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Jumat (29/7/2022) telah merangkum pengertian Brainware, sebagai berikut.

Pengertian Brainware

Merujuk pada modul pengajaran Pengantar Komputer untuk Akuntansi D3 oleh Fikri Fahru Roji, brainware diartikan sebagai seseorang yang mengoperasikan, memakai atau menggunakan sebuah perangkat komputer atau laptop.

Brainware juga bisa dimaknai sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan serta mengeksplorasi kemampuan dari hardware dan software
pada komputer.

Perangkat intelektual ini terdiri dari personil atau tenaga kerja di bidang komputer yang terlibat dalam kegiatan pembentukan sistem komputerisasi maupun yang menangani dan mengawasi langsung bagian pengolahan data komputer.

Fungsi Brainware

a. Brainware sebagai Programmer

Programmer memiliki fungsi untuk membuat program yang diperlukan perusahaan dalam sistem komputerisasi.

Selain itu, programmer juga berperan sebagai pihak yang turut menjaga keamanan dan kelancaran keseluruhan sistem komputer sebuah perusahaan.

b. Brainware sebagai Operator

Operator memiliki fungsi untuk menjalankan sistem operasi serta program dalam perangkat komputer perusahaan.

Seorang operator akan bertindak dalam melakukan perawatan sistem operasi komputer, menyiapkan akses pada data dan informasi dan lain sebagainya.

c. Brainware sebagai Administrator

Administrator memiliki fungsi untuk mengelola suatu sistem operasi berserta juga program-program yang akan dijalankan dari sebuah komputer atau jaringan dalam perusahaan.

Disamping itu, database administrator bertanggung jawab terhadap kelancaran sistem database perusahaan termasuk juga bertugas untuk mengatur, mengelola serta menyimpan arsip maupun data-data penting perusahaan.

 

1
/
3