21 Pengertian Geografi Menurut Ahli, Diperkenalkan Pertama Kali oleh Erastothenes

Iqbal Widiarko
Sabtu 30 Juli 2022 16:15 WIB
21 Pengertian Geografi Menurut Ahli, Diperkenalkan Pertama Kali oleh Erastothenes
Pengertian Geografi menurut ahli. (Foto: Pexels)

JAKARTA, celebrities.id - Pengertian Geografi menurut ahli dapat menjadi tambahan pengetahuan yang menarik dalam ranah ilmu sosial. 

Istilah Geografi pertama kali diperkenalkan oleh Erastothenes pada abad ke-1. Menurutnya, Geografi berasal dari kata geographica yang bermakna penulisan atau penggambaran mengenai bumi.

Geografi juga cukup berhubungan dengan keanekaragaman dan kekayaan wilayah bumi. Secara sederhana, kita juga dapat memaknai ilmu Geografi sebagai sebuah studi tentang bentuk lingkungan dengan manusia, di mana bentuk tersebut tersusun atas komponen objektif dan subjektif.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Sabtu (30/7/2022), telah merangkum pengertian Geografi menurut ahli, sebagai berikut.

Pengertian Geografi Menurut Ahli

1. Menurut Ferdinand Von Richthofen (1905)

Menurut Ferdinand, Geografi merupakan ilmu yang mempelajari gejala dan sifat-sifat permukaan bumi dan penduduknya disusun menurut letaknya dan menerangkan baik tentang terdapatnya gejala-gejala dan sifat-sifat permukaan bumi.

Penduduknya disusun menurut letaknya dan menerangkan baik tentang terdapatnya gejala-gejala dan sifat-sifat tersebut secara bersama maupun tentang hubungan timbal baliknya gejala-gejalanya.

2. Menurut W.G. Moore (1981)

W.G. Moore mendefinisikan Geografi sebagai permukaan bumi, baik secara fisik, iklim, vegetasi, tanah, produk, masyarakat dan lain sebagainya yang tersebar.

3. Menurut Jones (1975)

Jones memaknai Geografi sebagai ilmu yang berfungsi untuk mengetahui pola-pola yang timbul dari kelompok masyarakat yang memanfaatkan ruang, dan mengetahui proses pembentukan serta proses perubahan pola-pola tersebut.

4. Menurut Hartshorne (1960)

Hartshorne mendefinisikan Geografi sebagai disiplin ilmu yang berusaha menguraikan dan menginterpretasikan karakter variabel dari suatu tempat ketempat lainnya di bumi sebagai tempat kehidupan manusia.

Geografi juga merupakan ilmu yang menampilkan realitas diferensiasi muka bumi seperti apa adanya, tidak hanya dalam arti perbedaan-perbedaan dalam hal tertentu, tetapi juga dalam arti kombinasi keseluruhan fenomena di setiap tempat yang berbeda dari keadaanya di tempat lain.

5. Menurut Eratosthenes (104 SM)

Erasthostenes juga memaknai Geografi dari kata geographica yang bermakna penulisan atau penggambaran mengenai bumi.

Berdasarkan pendapatnya, maka para ahli Geografi (geograf) sependapat bahwa Erastothenes dianggap sebagai peletak dasar pengetahuan ini yang pertama.

6. Menurut Immanuel Kant (1724)

Kant tertarik pada Geografi sebab menurutnya ilmu tersebut berkaitan dengan filsafat. Geografi versi Kant merupakan ilmu yang objek studinya adalah benda-benda, hal-hal atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah di permukaan Bumi.

7. Menurut Nursid Sumaatmadja (1981)

Geografi versi Nursid Sumaatmadja adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan.

8. Menurut Linda L. Reenow (1995)

Linda L. Reenow juga mendefinisikan Geografi sebagai ilmu yang berhubungan dengan letak makhluk hidup dan tak hidup pada bumi dan cara mempengaruhi satu sama lain.

9. Menurut Oliver H. Heintzelman (1967)

Geografi versi Oliver merupakan pemahaman penuh tentang sistem yang luas di permukaan bumi yang terdiri dari manusia juga lingkungan alam dan sistem serta subsistem manusia-bumi.

10. Menurut William Michael (1976)

Geografi menurut William Michael merupakan ilmu yang mempelajari tentang manusia dan kehidupannya lingkungan dari sudut pandang yang dipilih.
 

 

1
/
2