Pengertian Jalur Afirmasi PPDB 2022, Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

Zahrah Hana Afifah
Selasa 21 Juni 2022 12:27 WIB
Pengertian Jalur Afirmasi PPDB 2022, Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftarannya
Pengertian jalur afirmasi PPDB 2022. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Penerimaan peserta didik baru atau dikenal PPDB ini memiliki berbagai jalur pendaftaran sekolah, sesuai dengan syarat dan ketentuannya. 

Laporan yang didapat dari Kementrian Pendidikan dan Budaya, PPDB terdapat beberapa jalur, diantaranya jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orangtua atau wali, dan jalur prestasi.

Mungkin bagi sebagian orang khususnya masyarakat awam masih asing dengan kata afirmasi ini. Pasalnya jalur ini hanya mencakup 15 persen dari total pendaftar saja. 

Melansir dari berbagai sumber pada Selasa (21/6/2022) berikut pengertian jalur afirmasi.

Pengertian Jalur Afirmasi 

Jalur afirmasi ini tak semata-mata ada, pemerintah membuat peraturan dan ketentuan bagi calon siswa atau siswi yang akan mendaftar sekolah dari keluarga dengan tingkatan ekonomi menengah kebawah dan masuk kedalam kategori tidak mampu. Dengan adanya jalur ini, pemerintah tentunya punya alasan guna meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi anak-anak yang terahalang dengan masalah perekonomian keluarga mereka.

Orang yang Berhak Mendapatkan Jalur Afirmasi

Hanya ada minimal 15 persen dari seluruh calon pendaftar yang berhak mendapatkan jalur afirmasi ini di tiap daerah dan maisng masing tingkatan diantaranya SD, SMP, SMA.

Mereka yang telah terdaftar menerima program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau pun daerah yang akan menjadi prioritas, misalnya penerima KIP atau Kartu Indonesia Pintar dan berdomisili di dalam juga di luar wilayah zonasi sekolah bersangkutan.

Adapun jalur afirmasi ini dibagi menjadi dua yakni afirmasi prioritas 1 dan afirmasi prioritas 2.

Jalur Afirmasi Prioritas 1

Jalur ini ditujukan bagi calon peserta didik yang merupakan anak panti, penerima KIP, dan penyandang disbilitas. Tak hanya itu, anak dari tenaga kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan wabah Covid-19 juga masuk ke jalur afirmasi prioritas 1 yang pendaftarannya telah dilaksanakan 13 Juni 2022 dan lapor dirinya pada 16-17 Juni 2022.

Jalur Afirmasi Prioritas 2

Jalur afirmasi prioritas 2 ini ditujukan bagi para calon peserta didik yang terdaftar dan menerima KJP Plus, DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), Mitra Transjakarta (anak pengemudi Trans Jakarta), KPJ (anak penerima Kartu Prakerja Jakarta), dan KJP Plus sekaligus PIP (anak penerima Program Indonesia Pintar).

Jadwal Jalur Afirmasi Prioritas 2

Jalur afirmasi prioritas 2 bagi calon siswa atau siswi SMP sudah dibuka dan semua rangakaiannya dilakukan secara online. 

Simak jadwal pendaftaran jalur afirmasi prioritas 2 berdasarkan laman resmi PPDB.
20-22 Juni 2022: Pendaftaran atau pemilihan sekolah,  24 jam (Pendaftaran dibuka pukul 08:00 dan ditutup pukul 14:00 di hari terakhir)
20-22 Juni 2022: Proses seleksi,  24 jam (Pendaftaran dibuka pukul 08:00 dan ditutup pukul 14:00 di hari terakhir)
22 Juni 2022: Pengumuman (Pukul 17:00 WIB)
23-24 Juni 2022: Lapor diri,  24 jam (Lapor diri dibuka pukul 08:00 dan ditutup pukul 14:00 pada hari terkahir)

Itulah pengertian jalur afirmasi serta jadwalnya yang bisa kamu jadikan iformasi untuk mendaftar PPDB. Untuk mengetahui info menarik lainnya nantikan terus celebrities.id

Editor : Tia Ayunita