Pengertian Nifas, Perhatikan Masa Pemulihan Paska Persalinan

Amira Talida Ramadhina
Kamis 04 Agustus 2022 13:36 WIB
Pengertian Nifas, Perhatikan Masa Pemulihan Paska Persalinan
Pengertian nifas dan masa pemulihannya. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Nifas merupakan hal yang dialami oleh wanita yang sedang masa pemulihan paska persalinan, baik persalinan secara normal atau caesar. Waktu nifas biasanya terjadi sekira 40 hari dari kelahiran bayi.

Selama masa nifas, banyak berbagai perubahan tubuh yang dialami oleh wanita paska persalinan. Perubahan yang terjadi khususnya di organ yang berperan pada masa kehamilan, seperti rahim, serviks, dan miss V.

Melansir dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022) berikut celebrities.id telah merangkum pengertian nifas dan waktu masa nifas

Pengertian Nifas

Masa nifas merupakan masa pemulihan paska persalinan yang berlangsung sekitar 6-8 minggu, di mana seluruh organ reproduksi wanita melakukan masa pemulihan sebelum kehamilan berikutnya.

Di masa nifas, ibu wajib menggunakan pembalut atau kain pembalut yang dianjurkan diganti sehari minimal dua kali. Karena mencegah terjadinya kuman atau bakteri yang masuk. 

Waktu Lama Masa Nifas

Masa nifas berlangsung selama kurang lebih 40-42 hari paska melahirkan. Awal masa nifas, ibu akan mengeluarkan banyak darah melalui vagina yang biasa disebut dengan lochia atau lokia. Lokia cairan berwarna merah gelap, biasanya berlangsung sekitar satu hingga tiga hari.

Masuk ke tiga hingga 10 hari paska melahirkan, cairan yang keluar akan lebih encer dan berwarna merah muda, biasa disebut lochia serosa.

Setelah itu, masuk hari ke 10-14, cairan yang keluar akan berwarna kekuningan atau berwarna agak coklat, dinamakan lochia alba. Lokia pada masa nifas akan membuat rahim menyusut ke ukuran semula, paska melahirkan.

Itulah pengertian nifas dan waktu lama masa nifas. Untuk informasi menarik lainnya hanya di celebrities.id

Editor : Tia Ayunita