Pengertian Report Text, Struktur, Tujuan dan Contoh

Icon CameraIqbal Widiarko
Jumat 25 November 2022 12:29 WIB
Pengertian Report Text, Struktur, Tujuan dan Contoh
Pengertian report text dan contohnya. (Foto: Pexels/energepicom)

JAKARTA, celebrities.id - Pengertian report text dapat menambah pengetahuan kamu lebih luas lagi terkait dengan ragam jenis teks yang ada dalam penulisan. 

Report text masuk ke dalam golongan descriptive text yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang objek dari teks ini sendiri. Walaupun report text dan descriptive text hampir mirip, sesungguhnya keduanya adalah dua teks yang berbeda. 

Report Text lebih mengarah kepada teks faktual ilmiah dan lebih umum dari descriptive text sehingga tidak terdapat pendapat subjektif dari si penulis.

Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (25/11/2022), celebrities.id telah merangkum pengertian report text, seperti berikut.

Pengertian Report Text

Report text adalah salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris yang bertujuan untuk menyuguhkan informasi tentang suatu peristiwa atau kondisi yang diperoleh setelah melakukan observasi tentang hal tersebut. 

Report Text termasuk ke dalam descriptive text yang mempunyai fungsi untuk menggambarkan sesuatu baik benda, makhluk hidup ataupun fenomena umum lainnya. Jenis teks ini juga menjelaskan tentang detail suatu objek. Detail dalam teks ini adalah detail ilmiah yang mencakup deskripsi objek, baik fisik maupun non-fisik, dari fakta ilmiah tentang objek tersebut.

Struktur Report Text

a. General Classification

Pada bagian ini, penulis akan menyatakan klasifikasi dari segi umum benda, hewan, tempat umum, tumbuhan atau lainnya yang akan dibahas secara umum.

b. Description

Pada bagian ini, penulis akan menceritakan apa fenomena yang sedang dibahas, dalam hal bagian, kualitas, kebiasaan atau perilaku.

 

1
/
3