Pengertian Social Media Marketing, Jenis, Strategi dan Cara Kerjanya

Icon CameraBertold Ananda
Selasa 17 Januari 2023 12:11 WIB
Pengertian Social Media Marketing, Jenis, Strategi dan Cara Kerjanya
Pengertian Social Media Marketing dan jenisnya. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Pengertian social media marketing sangat perlu dipahami karena menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif.

Saat ini social media marketing atau pemasaran media sosial menjadi alat pemasaran yang banyak digunakan para produsen. Melalui media sosial, pemasar menjadi lebih siap menyediakan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Di sisi lain, para pelanggan juga diuntungkan karena memiliki banyak pilihan untuk memilih dan membeli suatu produk. Pemasaran media sosial juga dapat meningkatkan hubungan antara pemasar dan pelanggan.

Berikut ini celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber pada Selasa (17/1/2023) terkait pengertian social media marketing beserta jenis, strategi hingga cara kerjanya.

Pengertian Social Media Marketing

Merangkum dari buku Pemasaran Era Kini: Pendekatan Berbasis Digital karya Anna Permatasari Kamarudin, Arlin Ferlina Mochamad Trenggana, Rosita Manawari Girsang dkk, social media marketing merupakan bentuk dari pemasaran digital yang menggunakan media sosial atau website untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan melalui cara berbayar dan organik.

Dengan adanya social media marketing para masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan dan dapat menyelesaikan pertanyaan dan keluhan, mendapatkan feedback, mengumumkan informasi produk terbaru serta membangun komunitas dengan pelanggan.

Social media marketing juga membuka pengalaman baru kepada masyarakat. Hal ini tentunya menjadi jalan pintas untuk dapat berkomunikasi dua arah dan menciptakan interaksi yang positif antara penjual dan pembeli.

Jenis Social Media Marketing

Untuk dapat mengimplementasikan peran social media marketing dengan baik dan benar, maka masyarakat perlu mengetahui beberapa jenis social media marketing yang dinilai efektif untuk memasarkan suatu produk dan layanan penjualan.

1. Facebook

Jenis pertama social media marketing yang efektif yakni menggunakan platform Facebook. Media sosial satu ini kerap dimanfaatkan oleh banyak perusahaan besar untuk memasarkan produknya dengan target umur mulai 18-45 tahun.

2. Instagram

Jenis kedua social media marketing yang efektif yaitu platform Instagram. Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan dalam memasarkan produk, mulai dari iklan hingga promosi berbayar bulanan.

Terlebih saat ini Instagram telah menyediakan layanan IGTV yang dapat memproduksi video lebih dari satu menit. Hal itu dimanfaatkan oleh banyak perusahaan untuk memasarkan produknya.

Ā 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
3