Pengertian Warna Primer, Jenis dan Contoh

Iqbal Widiarko
Kamis 22 September 2022 12:02 WIB
Pengertian Warna Primer, Jenis dan Contoh
Warna primer merupakan warna yang tidak dapat dibentuk dari warna lain. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Pengertian warna primer dan contohnya dapat menambah pengetahuan kamu terkait dengan jenis warna yang dihasilkan dari respon fisiologis mata manusia terhadap cahaya.

Warna primer sendiri merupakan warna yang tidak dapat dibentuk dari warna lain, karena warna ini dipakai sebagai pokok dari campuran untuk mendapatkan warna-warna yang lainnya. Kuning dan merah termasuk warna primer. Sedang orange yang merupakan hasilnya disebut dengan warna sekunder.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Kamis (22/9/2022) telah merangkum pengertian warna primer, seperti berikut.

Pengertian Warna Primer

Warna primer adalah warna unsur dalam penggunaan pigmen. Ketiga warna dalam pigmen ini tidak bisa didapatkan dari pencampuran warna lain. Ketiga warna dasar ini adalah warna yang dapat dikombinasikan dan menghasilkan warna-warna turunan lainnya. Warna primer terdiri dari merah, biru dan kuning.

Warna-warna inilah yang dapat ditangkap oleh mata manusia, dikarenakan mata manusia seperti spesies lain yang mempunyai tiga macam reseptor warna (trichromat). Karena pada dasarnya warna primer bukan milik cahaya, namun lebih merupakan konsep biologis yang didasarkan pada respon fisiologis mata manusia terhadap cahaya.

Jenis Warna Primer

1. Merah

Warna merah kerap dimaknai sebagai simbol warna api, peperangan, kekerasan, cinta dan gairah. Warna merah dapat memberikan efek fisik pada seseorang berupa meningkatkan tekanan darah, metabolisme, dan pernapasan manusia.

 

1
/
2