Pengertian Warna Sekunder, Jenis dan Contohnya

Bertold Ananda
Kamis 22 September 2022 12:59 WIB
Pengertian Warna Sekunder, Jenis dan Contohnya
Warna sekunder dihasilkan dari campuran dua warna primer dalam sebuah ruangan warna. (Foto: Pexels)

JAKARTA, celebrities.id - Warna dalam karya seni terbagi menjadi tiga jenis, yaitu warna primer, warna sekunder dan warna tersier. Apa pengertian warna sekunder?

Warna sekunder dihasilkan dari campuran dua warna primer dalam sebuah ruangan warna. 

Bagi kamu ingin memahaminya lebih lanjut, berikut ini celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Kamis (22/9/2022) terkait pengertian warna sekunder, jenis beserta contohnya.

Pengertian Warna Sekunder

Menurut teori Brewster tahun 1831, warna sekunder termasuk dalam jenis warna yang masuk dalam kategori pengelompokan. Warna tersebut dikelompokan dengan tujuan untuk menyederhanakan warna-warna yang terdapat di alam.

Menurut KBBI, sekunder mengartikan kedua, tingkatan kedua, bukan yang utama. Melalui penjelasan ini sudah dapat disimpulkan bahwa warna sekunder merupakan tingkatan warna yang dihasilkan dari turunan warna pertama yaitu primer.

Warna sekunder dapat diartikan sebagai warna campuran yang berasal dari dua warna primer. Warna satu ini memiliki karakter yang kuat seperti warna primer.

Jenis Warna Sekunder

Warna sekunder terbagi atas beberapa jenis yang dihasilkan oleh warna primer. Adapun jenis warna sekunder terdiri dari orange, hijau dan ungu. Ketiga jenis warna tersebut dihasilkan dari penggabungan dua warna primer menjadi satu.

 

1
/
2