Pengidap Diabetes Waspada, Emosi Dapat Memengaruhi Kadar Gula Darah

Icon CameraSalmaa Shalsabilla
Jumat 18 November 2022 18:54 WIB
Pengidap Diabetes Waspada, Emosi Dapat Memengaruhi Kadar Gula Darah
Emosi dapat memengaruhi kadar gula darah. (Foto: celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Jika Anda pengidap diabetes, ada baiknya mampu mengelola emosi, kenapa?

Menurut para ahli kesehatan jiwa, pengendalian emosional akan berdampak pada seberapa baik mereka mampu mengendalikan penyakitnya, salah satunya diabetes.

Ketika kita merasa cemas, takut, atau bahkan senang seperti mendapatkan pekerjaan baru atau menghadapi ujian, hal itu dapat menyebabkan produksi hormon tertentu seperti kortisol yang dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

"Ketika seseorang dalam keadaan stres, tubuhnya cenderung memproduksi hormon seperti kortisol. Hal ini dapat meningkatkan kadar glukosa darah terlepas dari apakah orang tersebut sudah makan atau belum. Mungkin ada risiko berkembangnya diabetes Tipe- 2 karena stres emosional. Dengan demikian menjadi masalah yang sangat penting, dan Anda harus berbicara dengan dokter," kata Dr. Kavita Prabhakar Pai, Konsultan Endokrinologi & Penyakit Dalam, Rumah Sakit Masina, Mumbai.

Perlu diketahui, hidup dengan diabetes dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang karena banyaknya aspek penanganannya dan seseorang mungkin memerlukan dukungan emosional dari orang lain untuk mengatasi penyakitnya dengan lebih baik. 

 

1
/
2