Penurunan Mobilitas Mulai Terlihat Hasilnya, tapi Kenapa Jumlah Kasus Terus Bertambah?

Fahreza Rizky
Kamis 15 Juli 2021 16:22 WIB
Pemerintah memperluas cakupan penerapan PPKM Darurat hingga luar Jawa dan Bali untuk meminimalisir lonjakan kasus Covid-19. (Foto: celebrities.id/Ilustrasi)

JAKARTA, celebrities.id – Penurunan mobilitas akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai terlihat hasilnya. Namun, capaian ini belum cukup untuk menurunkan penambahan kasus positif Covid-19.

"Evaluasi pembatasan mobilitas selama seminggu PPKM Darurat kemarin sudah mulai terlihat hasilnya, di mana terjadi penurunan mobilitas ke tempat kerja, tempat umum, tempat wisata dan stasiun. Peningkatan kasus tajam sebagian besar terjadi akibat penularan di tingkat keluarga," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Kamis (15/7/2021).

Karena itulah peran masyarakat dalam menekan kluster keluarga sangat penting. Wiku mengimbau jika ada anggota keluarga yang positif dengan gejala ringan atau tanpa gejala harus melakukan isolasi mandiri dengan benar.

Jika tidak ada tempat isoman, maka pemerintah telah menyediakan sejumlah fasilitas isolasi terpusat. 

"Apabila masyarakat tidak mungkin isoman di rumah maka dapat melakukan isolasi di tempat isolasi terpusat yang telah disediakan Pemda masing-masing yang dibantu pemerintah pusat," ujarnya.

 

1
/
2