Penyakit Polio Ditemukan 1 Kasus, Kemenkes Langsung Tetapkan KLB 

Icon CameraMuhammad Sukardi
Senin 21 November 2022 09:42 WIB
Penyakit Polio Ditemukan 1 Kasus, Kemenkes Langsung Tetapkan KLB 
Kemenkes tetapkan KLB untuk kasus polio. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kementerian Kesehatan langsung menetapkan polio sebagai kejadian luar biasa atau KLB saat satu kasus penyakit polio ditemukan. Tentu banyak dari Celeb Hitz yang mungkin bingung, berikut penjelasannya. 

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan bahwa polio adalah penyakit yang mengancam kelumpuhan total. Ketika satu kasus telah ditemukan, maka negara harus mengeluarkan status KLB untuk mencegah virus menyebar lebih luas di masyarakat. 

"Tahun ini ada satu kasus polio dilaporkan di Aceh. Satu kasus saja merupakan kejadian luar biasa," katanya saat konferensi pers virtual, belum lama ini. 

Dinyatakan KLB, lanjut Maxi karena dampak dari penyakit polio sangat berbahaya itu kelumpuhan total. Ini terjadi karena virus polio menyerang sistem saraf, sehingga bisa melemahkan hingga mengecilkan otot pada manusia. 

"Ancaman polio menjadi besar bila cakupan vaksinasi polio rendah. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan status polio saat ini adalah 'Public Health of International Concern' atau PHEIC, sama dengan status monkeypox," kata pernyataan Kemenkes yang diterima MNC Portal, Senin (21/11/2022).   

Satu kasus polio di Aceh telah ditemukan. Pasien adalah anak-anak berusia 7 tahun 2 bulan. Berdasar hasil penyelidikan Kemenkes, anak tersebut tidak memiliki riwayat vaksinasi polio. 

Anak 7 tahun itu mengalami kelumpuhan pada kaki kiri. Terjadi karena adanya pengecilan di otot paha dan betis kiri. Ini yang membuat kakinya sempat lumpuh. 

Dikabarkan, pasien polio di Aceh ini kondisinya sekarang sudah bisa jalan meski tertatih. Karena itu, terapi fisioterapi untuk mempertahankan masa otot diperlukan. 

Berdasar hasil laboratorium, diagnosis untuk anak itu adalah polio tipe 2. 

Upaya pencegahan yang direkomendasikan adalah mendapatkan vaksin polio segera jika belum. Vaksin polio terbukti melindungi tubuh dari risiko terpapar virus polio.

Editor : Tia Ayunita