Penyakit TBC di Cimahi Meningkat, Ditemukan 4.294 Kasus yang Berhubugan dengan Stunting

Icon CameraAdi Haryanto
Rabu 15 Maret 2023 22:59 WIB
Penyakit TBC di Cimahi Meningkat, Ditemukan 4.294 Kasus yang Berhubugan dengan Stunting
Kasus Tuberkulosis (TBC) di Kota Cimahi meningkat. Ditemukan 4.294 kasus yang berhubungan dengan stunting. (Ilustrasi: PIXABAY)

CIMAHI, celebrities.id - Kasus Tuberkulosis (TBC) di Kota Cimahi meningkat. Ditemukan 4.294 kasus yang berhubungan dengan stunting

"Kasus TBC di Cimahi mengalami peningkatan 106 persen di tahun 2022, yakni sebanyak 4.294 kasus. Itu jadi perhatian serius kami untuk menanganinya," kata Pj. Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan pada acara peringatan hari TBC Sedunia di Rumah Sakit Dustira, Cimahi, Rabu (15/3/2023).

Dikdik meminta seluruh pihak dapat bersama-sama berupaya untuk mengatasi TBC di Kota Cimahi. Sebab penyakit TBC bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit lain, salah satunya stunting. Berdasarkan WHO Global TB Report 2020, faktor kurang gizi merupakan faktor risiko tertinggi penyumbang penyakit TBC. 

Mengacu kepada hal tersebut, TBC dan stunting merupakan hal yang tidak terpisahkan dan sangat penting untuk dilakukan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan lintas sektor. Sebagai langkah mensinergikan upaya-upaya yang mendukung proses eliminasi TBC tahun 2030, dan penurunan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024.

"Kami ingin kasus TBC tahun ini bisa turun dan penurunan prevalensi stunting menjadi 14% atau di bawah nasional pada tahun 2024," tuturnya.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.