5 Penyebab Bayi Sering Muntah, Hati-Hati Gejala Radang Usus Buntu

Icon CameraAlifia Furaida Salsabila
Kamis 19 Januari 2023 13:42 WIB
5 Penyebab Bayi Sering Muntah, Hati-Hati Gejala Radang Usus Buntu
Penyebab bayi sering muntah. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Bayi muntah setelah diberi ASI merupakan hal yang normal. Namun sebagai orang tua juga harus paham penyebab bayi sering muntah, karena bisa menjadi salah satu gejala penyakit pada bayi.

Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh semua anak bayi yaitu gumoh. Gumoh adalah sebutan muntah bayi setelah minum ASI dan merupakan hal normal untuk bayi. 

Namun saat bayi kamu sudah mulai sering muntah tanpa penyebab, kamu harus segera dibawa ke dokter untuk mengetahui keadaanya lebih lanjut. Ada beberapa penyebab bayi sering muntah yang harus kamu ketahui.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, telah merangkum penyebab bayi sering muntah sebagai berikut.

Penyebab Bayi Sering Muntah

1. Gastroenteritis

Jika bayi sering muntah bisa jadi karena gastroenteritis. Gastroenteritis keadaan usus yang terinfeksi.

2. Alergi Makanan

Penyebab lain kenapa bayi sering muntah karena alergi makanan. Apabila anak sudah menunjukan jika dia alergi dengan makanan, harus segera dibawa ke dokter.

3. Berbagai Jenis Infeksi

Bayi yang terlalu sering muntah bisa indikasi terkena beberapa jenis infeksi. Untuk memastikannya, sebaiknya cek ke dokter.

4. Radang Usus Buntu

Ketika seseorang terkena radang usus buntu, salah satu gejalanya yaitu sering muntah. Usus buntu mengalami pembekakan yang membuat sakit perut.

5. Keracunan Makanan

Makanan bisa menjadi faktor utama kenapa bayi menangis hingga muntah. Maka dari itu sebelum anak diberi makan bayi, perhatikan kebersihannya.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News