Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Pipi Kanan

Icon CameraHasyim Ashari
Minggu 08 Mei 2022 17:10 WIB
Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Pipi Kanan
Penyebab dan cara mengatasi jerawat di pipi kanan. (celebrities.id/MNC)

JAKARTA, celebrities.id – Penyebab dan cara mengatasi jerawat di pipi kanan banyak dicari lantaran keberadaannya sangar menganggu.

Penyebab jerawat di pipi kanan sebenarnya hampir sama dengan penyebab jerawat yang timbul di area lain, biasanya sih tidak jauh-jauh dari masalah kebersihan atau hormonal. 

Namun, tak dipungkiri jerawat di pipi biasanya tampak sangat mengganggu penampilan, dan sering menghilangkan rasa percayaan diri. 

Jerawat sendiri memang tidak bisa dipolakan penyebab berdasarkan tempat munculnya, tetapi setidaknya jerawat di tempat tertentu bisa jadi indikator kesehatanmu lho!

Lalu apa penyebab jerawat dan cara mengatasi jerawat di pipi kanan?  Dirangkum celebrities.id dari berbagai sumber, Minggu (8/5/2022) berikut penjelasannya:

Penyebab jerawat di pipi kanan: 

1. Sarung bantal dan sprei yang tidak bersih

Sarung bantal dan sprei yang kurang bersih adalah penyebab jerawat di pipi yang paling umum. 

Hal ini disebabkan menumpuknya bakteri, kotoran, dan minyak di permukaan sarung bantal yang berasal dari rambut dan kulit kita.

Menurut penelitian dari Bhadra PA, Pergesekan antara sarung bantal dan pipi selama berjam-jam ini dapat memicu timbulnya jerawat.

2. Pergesekan pipi dan ponsel

Penelitian yang dilakukan di UK oleh jurnal Germs membuktikan bahwa 1 dari 6 ponsel terkontaminasi dengan bakteri yang berasal dari feses, salah satunya adalah E.coli.

Menurut artikel dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, hal ini dapat disebabkan oleh orang-orang yang tidak mencuci tangan setelah dari toilet/WC. 

Selain bakteri dari feses, bakteri pada ponsel juga bisa berasal dari jari.

3. Sering menyentuh wajah

Ketika kita sering menyentuh wajah kita dengan jari, maka kita memberikan kulit kita banyak minyak, kotoran dan bakteri. 

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Pediatric Dermatology, memegang wajah termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi terbentuknya jerawat.

 

1
/
2