5 Penyebab Jantung Berdebar Kencang dan Cara Mengatasinya

Icon CameraBertold Ananda
Rabu 25 Januari 2023 13:12 WIB
5 Penyebab Jantung Berdebar Kencang dan Cara Mengatasinya
Penyebab jantung berdebar kencang sangat beragam, dari hal ringan hingga serius, perlu kamu waspadai. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Penyebab jantung berdebar kencang sangat beragam, dari hal ringan hingga serius, perlu kamu waspadai.

Ketika jantung berdebar kencang secara tiba-tiba tanpa adanya kecemasan atau aktivitas fisik berat bisa menandakan kondisi tidak normal seperti pada umumnya. Untuk itu, kamu tidak boleh anggap remeh dan harus mencari tahu penyebab jantung berdebar kencang.

Jika jantung berdebar kencang dan diikuti dengan keluhan lain maka hal itu bisa menjadi suatu tanda penyakit tertentu.

Berikut celebrities.id merangkum dari beberapa sumber pada Rabu (25/1/2023) penyebab jantung berdebar kencang dan cara mengatasinya.

Penyebab Jantung Berdebar Kencang

Jantung berdebar kencang umumnya disebabkan oleh banyak hal. Meski begitu, kamu tetap perlu waspada terhadap kesehatan jantung kamu. Berikut beberapa penyebab jantung berdebar kencang.

1. Pola dan Gaya Hidup Tidak Sehat

Penyebab utama yang paling sering ditemui oleh banyak orang ketika jantung berdebar kencang karena pola dan gaya hidup yang tidak sehat. Hal itu tentu dapat mengganggu kesehatan jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh. Pola hidup yang tidak sehat seperti begadang, merokok, konsumsi kafein berlebihan, pengaruh alkohol, minuman berenergi dan lain-lain.

2. Mengalami Aritmia

Penyebab kedua jantung berdebar kencang bisa juga karena gejala aritmia. Gejala ini menyebabkan terjadinya irama jantung yang tidak normal dan berdetak terlalu cepat, terlalu lambat bahkan tidak beraturan. Hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas kamu sehari-hari karena jantung tidak dapat memompa darah dengan normal.

3. Pengaruh Obat-obatan

Penyebab ketiga jantung berdetak kencang yaitu karena pengaruh obat-obatan yang sifatnya cukup keras untuk tubuh. Umumnya obat tersebut berupa obat antibiotik, obat asma, obat tekanan darah tinggi hingga obat-obatan terlarang lainnya.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2