12 Penyebab Keluar Flek Coklat tapi Tidak Haid

Icon CameraAlifia Furaida Salsabila
Kamis 19 Januari 2023 13:12 WIB
12 Penyebab Keluar Flek Coklat tapi Tidak Haid
Penyebab keluar flek coklat tapi tidak haid perlu menjadi perhatian. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Penyebab keluar flek coklat tapi tidak haid penting untuk diketahui. Keluar flek coklat saat menstruasi bukanlah sesuatu yang mengkhawatirkan. Namun jika flek keluar sebelum waktu haid, mungkin ada penyebab lain yang perlu diwaspadai.

Mengutip dari Healthwire, flek pada wanita biasa terjadi sebelum haid yang disebabkan karena adanya pendarahan sedikit dan alirannya sangat ringan. Aliran tersebut membutuhkan waktu supaya darah mencapai dari leher rahim hingga keluar. Hal inilah yang membuat darah berwarna coklat karena oksidasi.Ā 

Jika flek terjadi pada saat pra menstruasi bisa menjadi hal normal karena itu merupakan tanda-tanda akan datang periode. Lalu, bagaimana jika flek terjadi jauh dari waktu periode?Ā 

Dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (19/1/2023), celebrities.id telah merangkum penyebab flek coklat tapi tidak haid sebagai berikut.

Penyebab Flek Coklat tapi Tidak Haid

Meskipun flek coklat sesuatu yang normal, namun ini juga bisa menjadi sesuatu yang harus diwaspadai. Dilansir dari Khealth dan Healthwire, berikut penyebab flek coklat:

1. Kehamilan Awal

Bukan karena akan haid, flek coklat bisa menjadi tanda jika kamu sedang mengalami kehamilan awal. Hal tersebut dikarenakan sel telur yang telah dibuahi sedang dalam proses menempel pada lapisan rahim dan bisa menyebabkan pendarahan ringan.

2. Infeksi Seksual Menular

Flek coklat yang keluar saat tidak haid bisa menjadi gejala penyakit infeksi seksual menular seperti klamidia dan gonore. Flek coklat diikuti dengan bau yang menyengat dan rasa sakit pada saat melakukan hubungan seksual.

3. Penyakit Radang PanggulĀ 

Penyakit radang panggul merupakan infeksi leher rahim yang menyebabkan keluarnya cairan berwarna coklat. Ini merupakan lanjutan penyakit infeksi seksual menular yang tidak diobati. Penderita harus segera melakukan perawatan.

Ā 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
3