7 Penyebab Keputihan Berwarna Kuning, Waspada Masalah Kesehatan Reproduksi

Icon CameraAlifia Furaida Salsabila
Senin 13 Maret 2023 14:29 WIB
7 Penyebab Keputihan Berwarna Kuning, Waspada Masalah Kesehatan Reproduksi
Penyebab keputihan berwarna kuning bisa karena berbagai hal. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Penyebab keputihan berwarna kuning bisa karena berbagai hal. Kondisi ini bisa mengindikasi adanya infeksi menular seksual atau penyakit lain yang membutuhkan pengobatan.

Keputihan merupakan hal normal bagi wanita karena bermanfaat untuk menjaga Miss V dan saluran reproduksi tetap bersih. Namun beberapa keputihan harus tetap kamu waspadai seperti keputihan berwarna kuning

Keputihan kuning biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Kondisi ini biasanya berupa sejumlah kecil darah yang bercampur dengan cairan serviks atau akibat dari fluktuasi kecil dalam keseimbangan hormon. Hal itu normal dan tidak perlu dikhawatirkan. 

Lalu, apa penyebab keputihan kuning?

Dilansir dari berbagai sumber pada Senin (13/3/2023), celebrities.id telah merangkum penyebab keputihan berwarna kuning sebagai berikut.

Penyebab Keputihan Berwarna Kuning

Keputihan berwarna kuning bisa menjadi tanda menstruasi akan datang, kehamilan atau hanya merupakan suatu proses pembersihan Miss V secara alami. Keputihan kuning yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan apabila transparan, tidak berbau dan volume yang tidak banyak. 

Meskipun hal yang normal, namun sebagai wanita tetap harus mewaspadai keputihan berwarna kuning karena bisa merupakan indikasi dari penyakit berbahaya. 

Melansir dari Khealth dan Very Well Health, inilah penyebab keputihan berwarna kuning. 

1. Bakteri Vaginosis 

Salah satu penyebab paling umum dari keputihan kuning adalah infeksi yang disebut bakteri vaginosis (BV), yang diduga disebabkan oleh gangguan flora Miss V. BV biasanya menyebabkan keluarnya cairan yang berbau amis dan jarang menimbulkan rasa gatal. Jika tidak diobati saat hamil, dapat mengakibatkan komplikasi kehamilan.

2. Trikomoniasis

trikomoniasis adalah IMS yang menyebar melalui hubungan seks tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi. Biasanya menyebabkan keluarnya cairan berwarna kuning kehijauan yang berbau dan tampak berbusa. Trikomoniasis juga dapat menyebabkan komplikasi kehamilan jika tidak diobati dalam kehamilan.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.