Penyebab Kuku Kuning dan Cara Mengatasinya, Bisa Buat Penampilan Lebih Indah

Icon CameraSri Lestari Rahayuningtyas
Senin 23 Januari 2023 13:04 WIB
Penyebab Kuku Kuning dan Cara Mengatasinya, Bisa Buat Penampilan Lebih Indah
Penyebab kuku kuning dan cara mengatasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Penyebab kuku kuning dan cara mengatasi hal itu harus diketahui karena akan membuat penampilan semakin indah. 

Biasanya seseorang akan pergi ke salon kecantikan untuk melakukan menicure. Namun hal tersebut sebenarnya bisa diatasi di rumah dengan bahan sederhana. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut penyebab kuku kuning dan cara mengatasinya yang telah dilansir dari Healthline pada Senin (23/1/2023). 

Penyebab kuku kuning 

Kuku kuning bisa menjadi indikasi suatu masalah yang lebih serius. Maka dari itu, Anda perlu memasukkan suplemen multivitamin ke resimen ke dalam kuku agar kembali tampak lebih bersih dan sehat. 

Dalam beberapa kasus, kuku yang tetap menguning meski telah dilakukan pengobatan berulang kali bisa menjadi gejala kondisi tiroid, psoriasis, atau diabetes. Dalam situasi yang jarang terjadi, kuku kuning bisa menandakan adanya kanker kulit. 

Suatu kondisi yang disebut sindrom kuku kuning (YNS) ditandai dengan kuku yang terus menguning dan masalah pernapasan atau limfatik. Bisa juga faktor dari luar, yakni ketergantungan merokok. 

Cara mengatasi kuku kuning 

1. Minyak pohon teh 

Jika kuku Anda berubah warna karena infeksi bakteri atau jamur, minyak pohon teh adalah perawatan mudah yang bisa Anda coba. 

Campurkan satu atau dua tetes minyak pohon teh dengan minyak pembawa seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak jojoba. Langkahnya yakni usap campuran tersebut pada kuku yang kuning secara rutin. 

 

2. Soda kue 

Jamur hanya dapat tumbuh di lingkungan yang tingkat pH-nya asam. Merendam kaki atau jari kaki Anda dalam air panas yang dicampur soda kue dapat mencegah penyebaran jamur. Untuk kuku, soda kue akan membuat tampak lebih putih. 

3. Minyak oregano 

Minyak oregano telah ditemukan memiliki sifat antimikroba. Ini efektif melawan bakteri dan jamur, yang menjadikannya pengobatan yang bagus dari kuku kuning. 

4. Hidrogen peroksida 

Diketahui, hidrogen peroksida juga memiliki kemampuan mengoksidasi yang membuatnya menjadi penghilang noda. Mencampur hidrogen peroksida ke dalam air hangat dan merendam kuku dapat memperbaiki tampilan noda, dan menambahkan soda kue akan membuatnya lebih efektif. 

5. Vitamin E 

Vitamin E dikenal membantu sel mempertahankan kelembapan dan terlihat lebih sehat. Kulit, rambut, dan kuku Anda semuanya tampak vitalitas saat Anda memiliki banyak vitamin E. 

Diketahui juga, vitamin E juga telah dipelajari secara klinis sebagai pengobatan yang berhasil untuk sindrom kuku kuning. Sindrom kuku kuning persis seperti kondisi yang menyebabkan kuku berubah warna, bergerigi, dan tebal. Sebab, nyatanya vitamin E merangsang pertumbuhan kuku yang sehat, dioleskan atau diminum untuk membantu kuku Anda tumbuh dengan cepat.

Editor : Tia Ayunita

Follow Berita Celebrities di Google News