Penyebab Kutu Rambut dan Cara Menghilangkannya, Mudah Kok!

Alifia Furaida Salsabila
Kamis 08 September 2022 13:31 WIB
Penyebab Kutu Rambut dan Cara Menghilangkannya, Mudah Kok!
Kutu rambut sangat mudah menyebar terutama ketika menggaruk rambut. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Penyebab kutu rambut dan cara menghilangkannya perlu kamu ketahui, sebab dapat menyebabkan kulit kepala gatal.

Kutu rambut merupakan parasit kecil yang hidup di rambut dan memiliki kemampuan menghisap darah yang ada di kepala. Umumnya kutu rambut terjadi pada anak-anak usia sekolah, namun tidak menutup kemungkinan jika orang dewasa bisa tertular kutu rambut. 

Seseorang yang memiliki kutu rambut akan merasa sangat gatal di kepalanya. Bahkan rambut seseorang akan terlihat sangat kotor karena adanya telur kutu yang menjalar di setiap helai rambut. 

Kutu rambut sangat mudah menyebar terutama ketika menggaruk rambut, atau melalui beberapa media seperti handuk, sisir, topi dan bantal. Lalu, apa penyebab kutu rambut?

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Kamis (8/9/2022) telah merangkum penyebab kutu rambut dan cara menghilangkannya sebagai berikut.

Penyebab Kutu Rambut

Kutu rambut memiliki nama ilmiah Pediculus humanus capitis. Ukurannya sangat kecil seperti wijen dan berwarna hitam atau cokelat. Kutu rambut bisa hidup di rambut manusia selama 30 hari bahkan bisa bertahun-tahun

Penyebab kutu rambut tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Pada faktanya, seseorang yang memiliki kutu rambut akibat tertular dari teman atau orang lain yang memiliki kutu. Ada banyak cara seseorang bisa tertular kutu. Bisa melalui media seperti sisir, handuk, bantal, sprei, syal, headphone atau bisa jadi karena berteman dengan seseorang yang memiliki kutu.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut, di antaranya sebagai berikut.

1. Memotong Rambut

Cara ini terbilang cukup efektif, karena dengan memotong rambut maka membuang telur kutu yang menjalar di setiap helai rambut. Tidak sedikit orang memilih menggunduli kepalanya supaya kutu rambut hilang.

2. Asam Cuka

Sifat asam yang berasal dari cuka bisa membunuh kutu. Namun penggunaan asam cuka bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

 

1
/
2