Penyebab Motor Sering Mati Sendiri Tiba-Tiba

Ravie Wardani
Senin 20 Juni 2022 04:45 WIB
Penyebab Motor Sering Mati Sendiri Tiba-Tiba
Penyebab motor sering mati sendiri tiba-tiba. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Banyak yang belum mengetahui penyebab motor sering mati sendiri tiba-tiba. Bisa jadi, salah satu penyebab tersebut berasal dari kelalaian kita yang jarang merawat kendaraan.

Jika sudah begitu, beberapa komponen pun akan bermasalah. Maka tak heran, motor bisa mati tiba-tiba ketika dikendarai.

Hal ini tentu bisa membahayakan pengendara roda dua. Terlebih, motor mati tiba-tiba terjadi saat tengah melaju cukup kencang di jalan. Oleh karenanya wajib dipahami penyebab motor sering mati sendiri tiba-tiba guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan 

Dikutip dari berbagai sumber, Minggu (19/6/2022), berikut ulasan selengkapnya.

Penyebab Motor Sering Mati Sendiri Tiba-Tiba

1. Busi Kotor atau Mati

Busi yang bermasalah bisa menjadi salah satu penyebab motor sering mati sendiri tiba-tiba. Mulanya, Anda akan merasakan motor jadi brebet, kemudian mesinnya mati secara tiba-tiba. 

Jika mengalami hal tersebut, Anda harus melakukan cek busi terlebih dulu. Caranya buka busi dengan kuncinya. Lalu ambil dan dekatkan busi pada blok mesin motor Anda. Kemudian, nyalakan kick starter. 

Perhatikanlah dengan seksama, jika api yang keluar berwarna merah, itu tandanya busi kotor dan harus segera diganti agar mesin motor kembali nyala.

 

2. Mesin Kepanasan

Penyebab motor sering mati sendiri tiba-tiba berikutnya yaitu mesin terlalu panas alias overheat. Masalah ini datang dari berbagai macam hal. Mulai dari terlalu lama berkendara, air radiator kurang, hingga saluran oli tersumbat.

Bila overheat terjadi dengan motor Anda, jangan gegabah. Pertama-tama diamkan mesin motor hingga kembali normal. Lalu cek kondisi radiator. Jika air radiatornya kurang, tambahkan. Aktifkan lagi mesin seperti biasa.

Namun, apabila mesin tiba-tiba mati kembali, itu artinya ada masalah lain pada kendaraan motor Anda. Segeralah hubungi bengkel terdekat, agar segera ditangani ahli teknisi.

Jangan paksakan berkendara dengan kondisi tersebut, karena bisa membuat kerusakan mesin semakin parah.

3. Karburator atau Injeksi Tersumbat

Penyebab motor sering mati tiba-tiba ketiga adalah karburator atau injeksi tersumbat. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun yang paling sering lantaran bensin kotor.

Bisa jadi kalian sering menggunakan bensin RON rendah, dapat pula karena kemasukan air, atau tangki sudah berkarat.

Kotoran tersebut kemudian terbawa ke sistem penyemprotan bahan bakar, hingga akhirnya menyumbat. Alhasil karburator atau injektor tak bisa bekerja dengan baik.

Bila Anda mengalami masalah ini, segeralah ke bengkel terdekat untuk membersihkan komponen tersebut. Setelah bersih, dijamin motor bakal sehat kembali.

Jika masalahnya lantaran tangki karatan, kuras dan perbaiki untuk mencegah kejadian serupa. 

Namun, apabila ternyata karburator atau injektor tersumbat karena kemasukan air, cek ulang lagi. Bisa jadi tangki bahan bakar motor bocor.

Jika tangki motor Anda bocor, segeralah tambal atau ganti dengan tangki baru, karena bukan tidak mungkin masalah serupa terjadi saat musim hujan.

Jangan lupa, kalian juga harus memastikan bahwa bensin yang digunakan dengan RON lebih baik.

 

4. Filter Udara Kotor

Penyebab motor sering mati tiba-tiba selanjutnya adalah asupan udara ke ruang bakar tipis. Biasanya hal ini dikarenakan filter udara yang sudah terlalu kotor. Alhasil udara tidak bisa lagi melewati komponen tersebut dengan leluasa.

Jika filter udara kotor, maka bersihkanlah komponen tersebut. Bisa juga ganti dengan yang baru. Pasalnya, filter udara memiliki usia pakai yang cukup singkat. Kecuali yang terbuat dari stainless steel, itu pemakaiannya bisa seumur motor.

5. Kehabisan Bensin

Terakhir, penyebab motor sering mati tiba-tiba paling klasik adalah kehabisan bensin. Kadang di beberapa kendaraan roda dua, indikator level bahan bakar tak tersedia. Alhasil Anda harus rajin membuka tangki bensin untuk mengetahui kapasitasnya.

Jika luput mengecek kapasitas bahan bakar, bisa-bisa motor mati mendadak di perjalanan. Kalau hal ini sampai terjadi, Anda pun tak perlu panik. Motor dengan karburator biasanya punya keran reservoir yang berisi bensin cadangan. 

Jadi penyebab motor sering mati tiba-tiba karena isi tangki menipis. Untuk mengatasinya, Anda cukup buka keran reservoir tersebut. Kemudian akan mengalir bensin sekitar satu liter, sehingga cukup untuk menuju stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) terdekat.

Kalau ketika tangki dicek ternyata bensin penuh, maka persoalannya berarti berbeda. Ada kemungkinan ventilasi tangki bensin tersumbat. Anda bisa cek lubang kecil yang ada di tutup tangki bensin, itulah ventilasi yang berfungsi menyamakan tekanan udara.

Jangan sampai lubang kecil ini tertutup, bisa-bisa sirkulasi udara tidak lancar dan bensin akan tertahan atau tidak mengalir ke karburator. Maka dari itu, bersihkanlah kotoran yang ada di sana, dijamin mesin motor Anda bakal aktif kembali.

Editor : Hadits Abdillah