7 Penyebab Rambut Rontok, Waspadai Penggunaan Obat-obatan dan Pil KB

Laras Dwi Sasmita
Kamis 16 September 2021 17:29 WIB
7 Penyebab Rambut Rontok, Waspadai Penggunaan Obat-obatan dan Pil KB
Penyebab rambut rontok bisa terjadi karena kehamilan dan kurangnya nutrisi. (Foto: FREEPIK.com)

JAKARTA, celebrities.id - Penyebab rambut rontok bisa dari berbagai macam faktor dan mungkin belum Celeb Hitz ketahui. Penggunaan obat keras hingga kehamilan bisa menjadi sebab rontoknya rambut.

Melansir Medicalnewstoday, Kamis (16/9/2021), setidaknya terdapat tujuh penyebab rambut mengalami kerontokan. Berikut ulasannya: 

1. Alopecia androgenetik

Alopecia androgenetik adalah istilah lain untuk pola kebotakan pria atau wanita. Ini adalah penyebab rambut rontok yang sangat umum. Pola kebotakan pria dan wanita adalah genetik. Laki-laki cenderung kehilangan rambut dari pelipis dan mahkota kepala. Pada wanita, rambut biasanya menjadi lebih tipis di seluruh kepala. 

Hal ini dapat terjadi karena seiring bertambahnya usia seseorang tetapi dapat dimulai kapan saja setelah pubertas. Banyak wanita yang mengalami androgenetic alopecia mengembangkannya setelah melewati masa menopause. Ini berarti bahwa hormon mungkin ada hubungannya dengan itu. Hal ini dimungkinkan untuk mengobati kondisi ini dengan minoxidil, obat untuk pertumbuhan rambut.

 

1
/
3