Peran Komposer dalam Menciptakan Lagu, Salah Satu Profesi Penting Industri Musik

Iqbal Widiarko
Rabu 21 September 2022 12:48 WIB
Peran Komposer dalam Menciptakan Lagu, Salah Satu Profesi Penting Industri Musik
Komposer bisa dimaknai sebagai orang yang menciptakan komposisi musik. (Foto: Pexels/RODNAE Productions)

JAKARTA, celebrities.id - Peran komposer dalam menciptakan lagu kadang sering disamakan dengan istilah-istilah lain seperti arranger, songwriter atau bahkan sound editor.

Komposer merupakan kata yang lebih luas dari seorang pencipta lagu. Pencipta lagu umumnya menciptakan lagu dengan liriknya.

Komposer memiliki makna lebih luas yakni pencipta lagu, komposer film, komposer simfoni, komposer musik dan lain sebagainya. Komposer atau pencipta lagu juga memakai tanda tempo supaya kecepatan lagu yang diciptakannya tepat ketika dinyanyikan dan umumnya ditulis pada bagian kiri atas sebuah partitur, di bawah penulisan nada dasar lagu.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Senin (19/9/2022) telah merangkum peran komposer dalam menciptakan lagu, seperti berikut.

Peran Komposer dalam Menciptakan Lagu

Komposer bisa dimaknai sebagai orang yang menciptakan komposisi musik. Seorang komposer yang menciptakan sebuah lagu disebut sebagai songwriter atau penulis lagu.

Komposer juga merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam industri musik. Seorang komposer musik mempunyai lingkup kerja yang luas dan kompleks.

Komposer mempunyai peran dalam 'menyalakan' sebuah lagu, ketika lagu tersebut hanya berupa lirik dan nada yang mungkin didapatkan dari seorang penulis lagu atau dirinya sendiri yang menciptakan. Komposer lagu memiliki keahlian dalam mengaransemen dan menyusun komposisi-komposisi musik maupun vokal secara terstruktur.

 

1
/
2