7 Perawatan Wajah Pria, Nomor 2 Wajib Dilakukan agar Kulit Terawat dan Lebih Muda

Laras Dwi Sasmita
Jumat 20 Agustus 2021 08:50 WIB
7 Perawatan Wajah Pria, Nomor 2 Wajib Dilakukan agar Kulit Terawat dan Lebih Muda
Penggunaan SPF setiap pagi menjadi salah satu perawatan wajah pria yang dapat dilakukan. (Foto: celebrities.id/Boldksy)

JAKARTA, celebrities.id - Perawatan wajah pria juga perlu diperhatikan. Terdapat rutinitas dasar yang harus diikuti setiap pria, minimal untuk mempertahankan kulit yang lebih bersih, lebih sehat, dan lebih muda. 

Secara umum, rutinitas perawatan kulit dasar untuk pria ini juga universal dengan sedikit modifikasi untuk pria dengan kulit kering atau menua, dan kulit berminyak atau rawan jerawat. Rutinitas perawatan kulit pria yang baik harus sederhana dan lugas. 

Melansir dari Forbes, Jumat (20/8/2021), berikut tujuh perawatan wajah pria yang harus diketahui.

1. Pembersihan wajah setiap pagi dan malam

Rutinitas perawatan kulit yang penting untuk setiap pria, pada usia berapa pun wajib mencakup pembersihan wajah pagi dan sore hari. Hal ini berguna untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. 

Proses ini sangat penting untuk kulit karena dua alasan utama. Pertama, membantu pori-pori terbuka dan menjaga kulit tetap segar dan bercahaya. Kedua, memungkinkan produk lain untuk menyerap lebih baik ke dalam kulit.

Pembersih wajah yang digunakan harus lembut dan menghidrasi. Carilah kata “lembut” pada botol, sebagai indikator yang baik. Tidak perlu sabun pengering yang keras karena itu akan melukai penghalang kulit bagian atas dan akan merusak kulit wajah.

Lakukan hal pertama ini di pagi hari dan terakhir di malam hari, sebelum menerapkan produk menggunakan produk skincare lainnya. Pembersih selalu menjadi langkah pertama.

2. Aplikasikan pelembap SPF setiap pagi

Setelah kulit dibersihkan dapat mulai menambahkan produk lain seperti serum, toner, dan pelembap. Tapi terdapat satu produk yang termasuk dalam daftar penting di siang hari yaitu pelembap. 

Pelembap yang baik untuk wajah harus mengandung SPF 30+ dan harus memiliki kandungan bebas minyak dan tahan air. Kemudian, itu juga dapat memastikan bahwa kulit wajah tidak akan berkeringat di bawah terangnya sinar matahari yang lebih panas. 

Wajah harus menggunakan SPF secara rutin karena semua paparan harian sesaat terhadap matahari dapat mulai berdampak dalam jangka panjang, bahkan akan berbahaya bagi kesehatan kulit wajah.

 

1
/
3