Perbedaan Bartender dengan Mixologist, Sering Dikira Sama

Icon CameraWiwie Heriyani
Senin 23 Januari 2023 21:41 WIB
Perbedaan Bartender dengan Mixologist, Sering Dikira Sama
Podcast Aksi Nyata membahas mengenai profesi bartender dan mixologist. (Foto: celebrities.id/YouTube Perindo)

JAKARTA, celebrities.id - Mungkin Anda sering mendengar istilah bartender. Ya, sosok tersebut sering diartikan sebagai orang meracik minuman yang sering Anda pesan di balik bar. Namun, ternyata pengertian tersebut salah besar.

Bartender sebenarnya adalah orang yang hanya menjalankan menu yang sudah dibuat sebelumnya. Ternyata, sosok di balik peracik menu minuman yang sebenarnya adalah seorang mixologist

Lantas, apa perbedaan keduanya?

Mario Pupin Al Bugis, salah seorang yang berprofesi sebagai Mixologist menyebutkan, bahwa mixologist adalah mereka yang jauh lebih tinggi daripada sekedar bartender.

Meski keduanya memang kelihatannya sama, bartender meracik minuman yang sudah ada di menu saja. Dia jarang untuk eksplor rasa atau cara baru untuk membuat minuman yang menarik perhatian.

“Mixologist itu si peramu minuman. Tapi untuk bahasanya tuh ada yang beda arti. Mixologist itu khusus peramu minuman di balik bar, kalau bartender mencakup semuanya,” ujar Mario, dalam Podcast Aksi Nyata, di Youtube Partai Perindo, Senin, (23/1/2023).

Mario juga memaparkan, bahwa seorang mixologist sangat mungkin bisa untuk jadi bartender. Namun, sebaliknya, seorang bartender justru belum tentu bisa untuk jadi mixologist. Hal ini mungkin dikarenakan oleh pengetahuan yang dimiliki mixologist.

Dalam hal meracik minuman, mixologist sangat mengerti bagaimana bahan-bahannya, keterkaitannya dengan sejarah, budaya bahkan seni terkait pencampuran minuman tersebut. Oleh karena itu, mixologist sangat berhati-hati untuk mencampurkan minuman.

“Untuk membedakan mixologist tuh punya karakter masing-masing. Karakternya itu lebih jadi di bar itu dia ada beberapa jenis minuman, itu yang membedakan beberapa mixologist. Jadi dia bisa milih salah satu kategori minuman untuk menggambarkan karakter dia,” ucap Mario. 

Kesimpulannya, seorang mixologist lebih mengetahui persis minuman apa yang sedang ia racik, dan apa yang sedang dibawakan. Mixologist tidak hanya sekedar meracik minuman, mereka bercerita melalui racikan tersebut.

Sehingga para peminum yang memesan cocktail dari tangan mereka, bisa mengetahui cerita menarik, sekaligus sejarah, budaya sampai seni dalam pembuatan cocktail tersebut.

“Kalau untuk basic skill tuh harus paham jenis-jenis karakter minuman dan dia harus tau standar knowledge recipe cocktail. Ketika tamu duduk di depan bareng, ketika dia duduk di depan bar dia pasti punya keinginan, wah gue pengen minum ini nih, jadi kita udah tau yang dia mau apa dan karakternya kaya apa,” katanya.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News