Perbedaan Botox dan Filler, Mana yang Lebih Baik?

Icon CameraDevi Ari Rahmadhani
Jumat 25 November 2022 14:30 WIB
Perbedaan Botox dan Filler, Mana yang Lebih Baik?
Perbedaan botox dan filler. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id – Botox dan filler merupakan teknik kecantikan yang sama-sama memiliki manfaat untuk mencegah kerutan dan dilakukan dengan injeksi.

Meski memiliki manfaat yang sama, tapi keduanya ternyata memiliki perbedaan yang harus diketahui. Dilansir dari Byrdie pada Jumat (25/11/2022), berikut perbedaan botox dan filler.

Botox merupakan zat Botulinum Toxin yang didapatkan dari ektraksi bakteri dan bertugas menghalangi sinyal dimana oto-otot tempat disuntiknya botiox tidak bekerja.

Otot-otot tersebut tidak bekerja karena masuk kedalam mode paralyzed atau freeze secara sementara agar mencegah terjadinya kerutan di bagian wajah yang di suntik.

Biasanya, seseorang melakukan teknik botox di bagian dahi, sekitar mata hingga garis senyum dan dilakukan selama tiga sampai empat kali agar hasilnya maksimal.

Sementara, filler adalah perawatan yang disuntukkan di lapisan bawah kulit untuk memberikan volume tambahan agar kulitb yang kendur bisa kembali kencang.

Filler biasanya bertahan dari enam bulan hingga dua tahun dengan beberapa fungsi dermal seperti:

1.Mencegah kerutan di area mata

2.Membuat bibir lebih tampak berisi

3.Menghaluskan dan mengisi static wrinkles

4.Menutup luka di bagian kulit wajah.

Jika ditanya mana yang lebih baik, maka jawabannya adalah kedua teknik ini baik digunakan tergantung bagi yang akan mencobanya. Namun demikian, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kecantikan sebelum melakukan botox atau filler ini.

Editor : Tia Ayunita