Ini Perbedaan Gym dan Fitnes, Jangan Keliru!

Ratu Syra Quirinno
Selasa 20 September 2022 23:45 WIB
Ini Perbedaan Gym dan Fitnes, Jangan Keliru!
Perbedaan Gym dan Fitnes. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.idPerbedaan gym dan fitness wajib diketahui para pemula. Seringkali istilah gym dan fitnes digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya ketika berolahraga di suatu ruangan khusus dengan peralatan seperti treadmill, cable machine, smith machine, dan lain sebagainya.

Namun tahukah Anda perbedaan Gym dan Fitnes? Gym merupakan tempat olahraga yang menyediakan berbagai peralatan fitness. Sedang fitnes adalah kondisi keadaan sehat jasmani dan rohani yang meliputi sifat-sifat ketajaman mental, daya tahan kardiorespirasi, kekuatan otot, daya tahan otot, komposisi tubuh dan kelenturan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/9//2022), berikut perbedaan Gym dan Fitnes:

Perbedaan Gym dan Fitnes

1. Gym

Gym adalah kependekan dari Gymnasium, aula olahraga, atau sasana olahraga yaitu tempat untuk melakukan latihan olahraga untuk mendapatkan fitness. Gym bisa didirikan di ruangan terbuka maupun tertutup. Gym bisa berisi alat-alat angkat beban saja ataupun dilengkapi dengan peralatan untuk melatih kelenturan maupun kecepatan.

Gym dapat diartikan sebagai lokasi untuk melakukan kegiatan olahraga seperti layanan senam, dan atletik. Namun, gym yang sekarang lebih dikenal sebagai pusat kebugaran untuk melakukan kegiatan angkat beban, senam, olahraga kardio dan kegiatan olahraga lain.

2. Fitnes

Fitness berarti sebuah kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Untuk mendapatkan fitnes tidak harus dilakukan berolahraga di gym, bisa di rumah, di lapangan maupun di tempat terbuka lainnya. Rutin berolahraga seperti jalan-jalan di pagi hari itu, melakukan push up dan sit up di rumah, berenang, bermain sepak bola, bermain basket, dan juga senam akan mendapatkan fitness atau kondisi tubuh yang “Fit”.

Bukan saja berolah raga, untuk memperoleh fitness perlu menerapkan lifestyle atau gaya hidup yang seimbang seperti diet makanan dan minuman yang sehat, cukup tidur atau beristirahat dan sebagainya. Selain memperoleh fitness atau kondisi tubuh yang sehat, umumnya bentuk tubuh akan menjadi ideal sebagai bonusnya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra