Perbedaan Hari Guru Nasional dan Sedunia, Jangan Sampai Salah!

Icon CameraRatu Syra Quirinno
Selasa 22 November 2022 12:22 WIB
Perbedaan Hari Guru Nasional dan Sedunia, Jangan Sampai Salah!
Perbedaan Hari Guru Nasional dan Sedunia. (Foto: Kemendikbud)

JAKARTA, celebrities.id РPerbedaan Hari Guru Nasional dan Sedunia wajib diketahui. Pasalnya, sebentar lagi Hari Guru Nasional akan tiba. 

Guru merupakan seorang pengajar suatu ilmu. Dalam Bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. 

Menurut UNESCO, Hari Guru Sedunia mewakili sebuah kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru, yaitu mengajarkan ilmu pengetahuan dan membangun generasi. 

Penasaran dengan perbedaan Hari Guru Nasional dan Sedunia? Simak ulasannya dibawah ini dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (22/11/2022). 

Perbedaan Hari Guru Nasional dan Sedunia 

1. Tanggal hari guru 

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November sedangkan Hari Guru Sedunia dirayakan setiap 5 Oktober. 

2. Makna hari guru 

Perayaan Hari Guru Nasional atau World Teachers Day bertujuan untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru. Dengan kata lain, hari besar nasional ini bertujuan untuk memperingati peran serta jasa para guru di Indonesia. 

Sedangkan tujuan Hari Guru Sedunia yakni untuk memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi pada masa depan ditentukan oleh guru. 

3. Yang memperingati 

Hari guru nasional dirayakan oleh seluruh Rakyat Indonesia, sedangkan Hari Guru Sedunia diperingati secara global di seluruh dunia. 

Namun meskipun terdapat perbedaan tanggal dan makna perayaan, Hari Guru Nasional dan Hari Guru Sedunia sama-sama merayakan peran guru dalam mengembangkan pendidikan.

Editor : Tia Ayunita