6 Perbedaan Iklim dan Cuaca dari Berbagai Aspek

Icon CameraIqbal Widiarko
Rabu 25 Januari 2023 11:39 WIB
6 Perbedaan Iklim dan Cuaca dari Berbagai Aspek
Perbedaan iklim dan cuaca bisa dilihat dari pengertian, komponen, faktor penentu, jangka waktu hingga ramalan. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Perbedaan iklim dan cuaca dapat menambah pemahaman kamu dalam cabang bidang ilmu-ilmu kebumian. 

Cuaca dan iklim mengacu pada kondisi lokal di lokasi atau wilayah tertentu, tetapi perbedaan utama di antara keduanya adalah tentang waktu.

Cuaca mengacu pada kondisi setempat dalam skala menit, jam, hari dan bahkan bulan hingga tahun. Sementara, iklim adalah rata-rata dari kondisi cuaca lebih dari 30 tahun atau lebih dan dapat dinilai untuk satu lokasi area yang luas atau secara global.

Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (25/1/2023), celebrities.id telah merangkum perbedaan iklim dan cuaca, sebagai berikut.

Perbedaan Iklim dan Cuaca

1. Dari Aspek Cabang Studi Ilmiah

Dalam cabang studi ilmiah, iklim dipelajari dalam klimatologi yang merupakan studi tentang iklim yang dirata-ratakan selama periode waktu yang panjang. Sedangkan cuaca dipelajari dalam meteorologi yang merupakan cabang dari ilmu atmosfer yang mencakup kimia atmosfer dan fisika atmosfer dengan fokus utama berada pada ilmu prakiraan cuaca.

2. Dari Aspek Jangka Waktu

Iklim diukur dalam jangka waktu lama, sementara cuaca diukur untuk jangka pendek.

3. Dari Aspek Definisi

Iklim didefinisikan sebagai informasi cuaca statistik yang menggambarkan variasi cuaca di tempat tertentu untuk interval tertentu. Sementara cuaca adalah keadaan atmosfer sehari-hari dan variasi jangka pendeknya menit hingga minggu.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2