8 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta, Ada Kandungan Kafein hingga Harga

Icon CameraIqbal Widiarko
Rabu 10 Agustus 2022 12:23 WIB
8 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta, Ada Kandungan Kafein hingga Harga
Perbedaan kopi robusta dan arabika. (Foto: Pexels/Georgi Petrov)

JAKARTA, celebrities.id - Perbedaan kopi arabika dan robusta sangat menarik untuk dibahas terutama bagi kamu yang termasuk pecinta kopi yang masih memperdebatkan mana yang paling enak diantara keduanya. Jenis kopi robusta mengandung kadar asam yang lebih tinggi dan produk oksidasi yang dihasilkan oleh asam ini terkadang dapat menimbulkan rasa yang kurang enak untuk sebagian orang.

Jenis kopi yang banyak tumbuh dan diproduksi di Indonesia adalah robusta dan arabika. Walaupun ketika diolah mempunyai rasa yang hampir sama, kedua kopi ini tetap memiliki beberapa perbedaan.

Kedua jenis kopi ini mempunyai kualitas yang baik dari segi rasa dan aromanya. Banyak dari kopi instan atau kopi kekinian yang beredar di tanah air menggunakan jenis robusta karena mengandung kafein yang lebih tinggi dan cocok bagi para pekerja yang memiliki waktu lembur di kala malam hari maupun siang saat mulai merasakan kantuk.

Dilansir dari berbagai sumber, Celebrities.id, Jumat (5/8/2022) telah merangkum perbedaan kopi arabika dan robusta, sebagai berikut.

Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta

Inilah beberapa perbedaan antara kopi arabika dan robusta yang dapat kamu simak, seperti yang dikutip dari laman web CMW Roastery.

1. Kondisi Tumbuh

Perbedaan besar antara kopi arabika dan robusta yakni kondisi dimana mereka tumbuh. Kopi arabika dapat ditanam di atas 600 m+ di puncak gunung dan lingkungan tropis.

Sementara, kopi robusta ditanam dari permukaan laut hingga sekitar 600m. Kopi robusta juga menghasilkan buah yang lebih keras sehingga tidak rentan terhadap serangga pengganggu. Kopi arabika di sisi lain lebih rapuh dan dapat dirusak oleh serangga.

2. Sifat Fisik Biji Kopi

Biji kopi arabika sedikit lebih besar dan memiliki bentuk elips dibandingkan dengan biji Robusta yang lebih kecil dan lebih bulat. Perbedaan struktur juga ada di antara biji yang mungkin menjelaskan mengapa kedua biji dipanggang secara berbeda dalam kondisi yang sama.

3. Kandungan Lipid & Gula

Kopi arabika mengandung hampir 60 persen lebih banyak lipid dan hampir dua kali lipat konsentrasi gula daripada robusta. Faktor ini juga mungkin berdampak besar pada mengapa orang lebih memilih kopi jenis arabika.

 

1
/
2