Ini Perbedaan Vespa dan Piaggio yang Jarang Diketahui Orang

Tangguh Yudha
Kamis 04 Agustus 2022 23:18 WIB
Ini Perbedaan Vespa dan Piaggio yang Jarang Diketahui Orang
Perbedaan Vespa dan Piaggio. (Foto:celebrities.id/Vespa.co.id)

JAKARTA, celebrities.id - Banyak masyarakat yang bingung dengan perbedaan Vespa dan Piaggio. Sebagaimana diketahui, dua kata tersebut memang tidak bisa dipisahkan.

Bahkan tidak sedikit yang menggap bahwa Vespa dan Piaggio itu sama. Tapi ini merupakan anggapan yang sangat keliru. Vespa dan Piaggio sebenarnya adalah dua hal berbeda. Vespa adalah salah salah satu brand yang berada di bawah payung Piaggio dan Piaggio sendiri adalah induk perusahaan Vespa.

Selain itu ada banyak lagi perbedaan antara keduanya. Nah agar lebih jelasnya, berikut adalah perbedaan antara Vespa dan Piaggio, seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022).

Perbedaan Vespa dan Piaggio

1. Desain

Vespa hingga saat ini masih mengusung desain klasik yang memang menjadi identitasnya. DNA Vespa dari tahun 1970-an masih melekat sampai sekarang salah satunya adalah lampu yang membulat.

Sementara Piaggio menawarkan desain yang lebih modern mengikuti perkembangan zaman. Tampangnya lebih sporty dengan garis-garis yang tegas seperti skuter kebanyakan yang ada di pasaran.

2. Suspensi

Selain desain, jenis suspensi depan maupun belakang yang digunakan pada Vespa dan Piaggio tidaklah sama. Vespa sejak dahulu sampai sekarang masih mengadopsi suspensi dengan model lengan tunggal. Sedangkan Piaggio menggunakan suspensi model lengan ganda. Supensi yang digunakan oleh Piaggio ini karakternya sama dengan yang digunakan oleh motor-motor kebanyakan.

3. Velg

Perbedaan antara Vespa dan Piaggio tidak berhenti sampai di situ. Pasalnya, keduanya juga memiliki perbedaan di sektor pelek, yang mana Vspa dibekali pelek dengan ukuran yang lebih kecil. Vespa menggunakan pelek dengan ukuran antara 10, 11, atau 12 inci, Piaggio memasang pelek antara 14, 15 atau 16 inci. Perbedaannya cukup signifikan sehingga berpengaruh juga pada tampilan dan kelincahannya.

4. Harga

Mengingat Vespa sendiri mengusung desain yang sangat khas dan berkarakter, harga motor Vespa lebih mahal dibandingkan dengan Piaggio. Beberapa model Vespa bahkan ada yang haragnya mencapai ratusan juta. Misalnya saja Vespa 946 Christian Dior yamg dibanderol dengan harga Rp400 jutaan. Berbeda dengan Piaggio misalnya model Liberty dan Medley, yang dijual dikisaran harga Rp35 juta hingga Rp 40 jutaan.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra