Percepat Tren Kendaraan Listrik, Menhub akan Lakukan Standarisasi Baterai 

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Senin 21 November 2022 07:38 WIB
Percepat Tren Kendaraan Listrik, Menhub akan Lakukan Standarisasi Baterai 
Tren kendaraan listrik. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Pemerintah Indonesia terus berupaya mempercepat penggunaan kendaraan listrik dengan mengeluarkan sejumlah kebijakan. Namun, infrastruktur yang belum memadai membuat masyarakat masih ragu untuk beralih ke kendaraan listrik. 

Kendala yang dialami saat ini adalah pengisian baterai yang lama, berbeda dengan pengisian bahan bakar minyak (BBM). Untuk itu, berbagai pihak sedang mengupayakan agar baterai yang digunakan di Indonesia memiliki standarisasi yang sama. 

Dalam acara Electric Vehicel-Funday yang diinisiasi Kementerian Perhubungan di Bundaran Hotel Indonesia, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sedang berusaha meningkatkan stasiun pengisian atau tempat penukaran baterai. 

Selain itu, Menhub juga mengusulkan agar Kementerian/Lembaga dapat melakukan standarisasi dalam pembuatan baterai sehingga dapat memudahkan masyarakat. 

“Standarisasi baterainya jangan sendiri-sendiri. Mereknya boleh saja berbeda-beda, tetapi bentuk, ukuran, dan sistemnya sama,” kata Menhub dikutip dari laman Dephub, Senin (21/11/2022). 

Menhub Budi Karya menegaskan bahwa pemerintah Indonesia telah menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan kendaraan listrik. Di antaranya melalui terbitnya Perpres tentang percepatan implementasi kendaraan listrik. 

 

1
/
2