Perhatikan! Ini Tips Membeli Ban Baru, Jangan Salah Pilih

Bertold Ananda
Jumat 01 Oktober 2021 20:46 WIB
Perhatikan! Ini Tips Membeli Ban Baru, Jangan Salah Pilih
JAngan asal membeli ban motor. (Foto: celebrities.id/Astra Motor)

JAKARTA, celebrities.id - Ban merupakan komponen penting kendaraan baik empat maupun roda dua. Maka dari itu, komponen pada ban terutama pada sepeda motor harus dijaga supaya dapat bekerja dengan optimal.

Tidak hanya itu, pemilihan ban juga rupanya berdampak pada sistem pengendalian, manuver dan kenyamanan dalam berkendara.  Maka dari itu, jangan sampai Anda salah memilih ban untuk motor Anda.

Ada beberapa yang perlu Anda ketahui dalam membeli ban baru. Tidak sebatas hanya membeli saja, namun Anda harus memilihnya dan menyesuaikan dengan dimensi, model, gaya motor Anda. Jangan sampai salah membeli ban. 

Berikut ini dilansir dari laman resmi Astra Honda, Jumat (1/10/2021), mengenai  tips membeli ban baru:

1. Perhatikan kode ban

Setiap ban pasti memiliki kode tersendiri. Misalkan terjadi pada ban dengan kode 180 / 50 R–17 M / TL. Angka 180 dapat diartikan sebagai lebar tapak ban 180 mm.  Sedangkan pada angka 50 memiliki arti  ketebalan sisi ban yang diukur dari lepar tapak ban tersebut. 

Untuk huruf R berartikan Radial. Angka 17 yang disertai huruf M menandakan batas dan kemampuan ban dalam berakselerasi kecepatan maksimum yang boleh ditempuh. Dalam kode ini batas kecepatan maksimumnya adalah 130 km/jam. Huruf TL menunjukkan bahwa ban tersebut berjenis ban tubles.

 

1
/
2