Peringkat Indonesia di Indeks Pariwisata Dunia Naik, Salip Thailand dan Malaysia

Avirista Midaada
Rabu 29 Juni 2022 19:31 WIB
Peringkat Indonesia di Indeks Pariwisata Dunia Naik, Salip Thailand dan Malaysia
Menparekraf Sandiaga Uno sebut desa wisata sebagai faktor pemicu indeks pariwisata Indonesia naik. (Ilustrasi: celebrities.id/Avirista)

MALANG, celebrities.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut indeks pariwisata Indonesia naik. Hal ini setelah Indonesia diklaim mampu mengendalikan Covid-19 dengan pengendalian kesehatan, ditambah dengan pengembangan eco tourism dan sport tourism yang kini dicari para pariwisatawan. 

Menurutnya, indeks pariwisata Indonesia naik 12 tingkat mengungguli negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Vietnam, hingga Malaysia.

Kini, kata Sandiaga, Indonesia berada di posisi 32 dunia, dari sebelumnya berada di posisi 44 pada travel and tourism development index. 

"Kenapa, kita bisa melewati Thailand, Vietnam, Malaysia yang infrastrukturnya jauh lebih terinterkoneksi dari kita, karena kita melakukan shifting kepada pariwisata yang berkualitas berbasis kesehatan," kata Sandiaga Uno saat meresmikan smart tourism and Infrastructure Hospitality, di Universitas Merdeka (Unmer) Malang, pada Rabu (29/6/2022). 

Pengendalian pandemi Covid-19 disebut Sandiaga, menjadi bagian dari upaya membangkitkan ekonomi di sektor pariwisata. Salah satu upayanya dengan menerapkan verifikasi Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE), yang kini menjadi tren di sektor pariwisata saat pandemi Covid-19 masih melanda. 

"Dunia memberikan pengakuan. Saya diundang ke sidang umum PBB untuk menceritakan bagaimana pariwisata kita bisa bangkit dan menjadi yang terbaik di ASEAN, setelah Singapura," tutur menteri berusia 53 tahun ini. 

 

1
/
2