Perjalanan Karier Grup Band Dewa 19, Gonta-ganti Personel Selama 30 Tahun

Arya Ravato Bagasraga
Sabtu 18 Juni 2022 08:00 WIB
Perjalanan Karier Grup Band Dewa 19, Gonta-ganti Personel Selama 30 Tahun
Perjalanan karier Dewa 19. (Foto: celebrities.id/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id – Perjalanan karier grup band Dewa 19 rupanya telah genap 30 tahun dalam berkarya di industri musik Tanah Air.

Angka tersebut terhitung sejak dirilisnya album perdana mereka bertajuk "19" pada 30 November 1992.

Dalam perjalanan karier berprofesionalnya, kelompok musik asal Surabaya ini kerap mengalami pasang surut, termasuk juga dalam urusan gonta-ganti personel.

Grup ini telah meraih kesuksesan sepanjang dekade 1990an dengan formasi vokalis Ari Lasso, dan pada dekade 2000an dengan vokalis Once Mekel.

Setelah penantian panjang, belum lama ini Dewa 19 kembali dengan single baru berjudul Juliette. Pada 1 April, lagu ini dapat didengarkan melalui YouTube dan berbagai platform streaming musik kesayangan.

“‘Juliette’ dirilis di bawah naungan Republik Cinta Records milik Ahmad Dhani, single ini dapat mulai didengarkan pada 1 April 2022 di seluruh layanan musik streaming melalui hasil kerjasama eksklusif dengan Believe Artist Services. Di hari yang sama, video musik untuk ‘Juliette’ juga dirilis melalui kanal YouTube Video Legend,” tulis Dewa 19 dalam rilis resminya.

Selain karya baru, Dewa 19 juga menggaet Marcello Tahitoe alias Ello. Dia menjadi vokalis tidak tetap band asal Surabaya, Jawa Timur tersebut, setelah sempat diisi oleh Virzha.

Lagu ini diproduksi oleh Ahmad Dhani. Lirik dan aransemennya juga merupakan hasil tangan ayah trio Al El Dul ini. Juliette menawarkan suasana instrumental musik yang baru dengan durasi empat menit sembilan detik.

Editor : Tia Ayunita