Perjalanan Karir IU, Solois Wanita Pemeran Hotel del Luna Paling Terkenal di Korea Selatan

Alisha Bintang
Kamis 13 Januari 2022 15:14 WIB
Perjalanan Karir IU, Solois Wanita Pemeran Hotel del Luna Paling Terkenal di Korea Selatan
Nama IU sudah terdengar luas di kalangan penggemar musik Korea. (celebrities/CeCi Magazine)

JAKARTA, celebrities.id - Nama IU sudah terdengar luas di kalangan penggemar musik Korea. Lee Ji Eun atau yang biasa dikenal sebagai IU adalah solois wanita sekaligus aktris paling populer di Korea Selatan.

Bakat IU di dunia tarik suara membuatnya berhasil meraih sejumlah penghargaan. Lagu miliknya seringkali menduduki puncak tangga musik Korea Selatan hingga mancanegara.

Tidak hanya itu, dirinya juga berbakat menjadi seorang aktris. IU kerap membintangi sejumlah drama populer seperti Hotel del Luna dan Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. 

Namun, kesuksesan IU di usia yang masih muda tidak ia dapatkan begitu saja. IU melakukan pengorbanan yang sangat besar untuk menjadi seorang artis terkenal. 

Kisah Kecil Lee Ji Eun

Berbeda dengan kehidupannya saat ini, IU pernah merasakan kesulitan finansial. Ia bercerita bahwa ibunya pernah salah menandatangani sebuah dokumen yang menyebabkan dirinya ditipu oleh kerabatnya sendiri. Keluarga IU pun akhirnya terlilit hutang dan harus melunasinya. 

Saat kecil, IU dititipkan kedua orang tuanya untuk hidup bersama dengan nenek dan adik laki-lakinya. Mereka hidup di sebuah kamar kecil yang tidak terlalu besar, bahkan kamar itu dipenuhi oleh kecoa. Kesulitan finansial membuat IU dan keluarganya hanya makan ubi-ubian saja. 

IU kecil memiliki mimpi untuk menjadi seorang bintang. Bakat bernyanyi yang dimiliki membuat ia bercita-cita untuk menjadi seorang penyanyi yang sukses.

Perjalanan Karier IU

Saat remaja, IU memutuskan untuk mewujudkan mimpinya itu. Ia mencoba audisi untuk menjadi seorang trainee di sebuah agensi. 

Mimpi IU tidak terwujud begitu saja, penolakan kerap menjadi jawaban bagi IU saat itu. Salah satu agensi yang pernah menolak IU adalah JYP Entertainment, agensi yang saat ini menaungi Twice. 

Bahkan, dirinya juga menjadi korban penipuan salah satu agensi. IU diminta untuk mengirimkan uang dalam jumlah yang cukup besar untuk membayar biaya pelatihan dan diundang ke televisi. Namun, setelah beberapa waktu tidak ada kabar apapun dari pihak agensi terkait. 

Kegagalan dan penolakan yang dialami oleh IU tidak membuatnya menyerah begitu saja. IU tidak pernah melupakan mimpinya untuk menjadi seorang penyanyi dan tetap berusaha keras untuk mewujudkannya. 

Setelah beberapa kegagalan, IU bergabung dengan LOEN Entertainment atau yang sekarang dikenal dengan Kakao Entertainment dan menjadi trainee selama 10 bulan. 

Lee Ji Eun berhasil debut pada tahun 2008 dengan nama IU yang berasal dari kata I dan U yang bermakna “aku dan kamu”. IU berharap dengan nama ini bisa menyatukan “aku dan kamu” melalui musik. 

Namun, debut IU menjadi solois pada saat itu belum mencapai kesuksesan. Lagu yang berjudul “Lost Child” belum mampu menduduki tangga lagu dan menjadi populer di masyarakat. Dirinya juga kerap mendapat komentar jahat karena tubuhnya yang dianggap gemuk dan tidak cocok menjadi seorang bintang. 

Tahun 2010, IU merilis sebuah lagu berjudul “Good Day”. Lagu ini menjadi hits dan sukses hingga memberikan keuntungan mencapai 6 miliar Won. Semenjak saat itu, lagu-lagu IU mulai dikenal secara luas dan sering menduduki peringkat tinggi di tangga lagu. 

Kesuksesannya ini membawa IU menjadi solois wanita paling sukses di Korea Selatan. IU adalah penyanyi asal Korea Selatan pertama dan satu-satunya yang memiliki 20 lagu berpredikat “Perfect All Kill”. 

 

1
/
2