Perjalan Karier Rio Haryanto, dari Formula 1 hingga Pengusaha Buku Tulis

Frisa Aulia Fattah
Kamis 22 September 2022 21:28 WIB
Perjalan Karier Rio Haryanto, dari Formula 1 hingga Pengusaha Buku Tulis
Perjalanan karier Rio Haryanto. (Foto: celebrities.id/Instagram @rharyantoracing)

JAKARTA, celebrities.id – Rio Haryanto dikenal sebagai pembalap nasional yang memiliki segudang prestasi. Tetapi sebelum itu, Perjalanan Karier Rio Haryanto tidaklah singkat hingga akhirnya dia bisa mencetak rekor sejarah sebagai pembalap muda pertama asal Indonesia yang membalap di Formula 1 (F1). 

Dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (22/9/22), berikut Perjalanan Karier Rio Haryanto

Perjalanan Karier Rio Haryanto

Awal Karier Rio Haryanto

Pada usia enam tahun, dia mulai mengemudi gokart dan berhasil menjuarai ajang balap nasional kelas kadet 2002. Dilanjut pada 2005, dia mendapatkan penghargaan IMI sebagai atlet gokart junior terbaik. 

Rio Haryanto mulai memasuki karier profesionalnya sebagai pembalap mobil pada  2008. Dia berhasil menjadi juara pertama dalam ajang Asian Karting Open Championship seri 1 Sirkuit Gula di Makau, serta 2009 dia bergabung dalam tim Meritus asal Malaysia dan berhasil menjuarai 11 dari 15 seri pada ajang BMW Pasifik. 

Tidak sampai situ, Rio Haryanto  mengikuti ajang GP3 Europe Series 2010, dan dia berhasil meraih 1st Runner Up di seri Silverstone, Inggris serta 2nd Runner Up di Italia. Rio Haryanto juga mendapat penghargaan sebagai The Best Driver Manor Racing. 

Lalu pada 2012 dia bergabung dalam tim Carlin GP2, dan menjadi pembalap pertama asal Indonesia yang berhasil mendapatkan FIA Super License yaitu lisensi wajib untuk dimiliki oleh pembalap yang ingin mengikuti ajang Formula 1 (F1). 

Kemudian Rio Haryanto menjadi Runner Up di seri GP Formula 1 di Bahrain dan berhasil menjadi juara 4 dalam GP 2 pada 2015. Prestasi yang didapatnya dijadikan kesempatan untuk masuk ke dalam ajang Formula 1. 

 

Perjalanan Karier Rio Haryanto di Formula 1

Akhirnya pada tanggal 18 Februari 2016, Rio Haryanto berhasil masuk dalam ajang balap dunia yaitu Formula 1  dengan disponsori oleh Pertamina dan usaha manajemennya sendiri. Dia pun dikontrak oleh Tim Manor Racing untuk mendampingi Pascal Wehrlein. 

Tapi sayang perjalanannya di Formula 1 tidak begitu mulus, setelah mengikuti 12 seri balapan Rio Haryanto pun digantikan oleh pembalap asal Prancis yaitu Esteban Ocon pada Agustus 2016 dikarenakan dia dan sponsor tidak melengkapi dana yang harus dibayarkan. 

Perjalanan Karier Rio Haryanto Saat Ini

Meskipun perjalanannya di Formula 1 (F1) tidak begitu mulus, Rio Haryanto tetap melanjutkan kariernya dengan mengikuti ajang SIC888 Race di Shanghai, China  2018 

Dia mengikuti ajang Sirkuit Internasional Chang bersama David Tjiptobiantoro, mereka berhasil menempati posisi ke–31 secara umum dan ke–12 di kelas Pro–Am. Tak hanya itu, dia juga mengikuti Asian Le Mans Series musim 2019/2020 sebagai ajang balap terakhirnya. 

Kini dia berhenti menjadi pembalap dan fokus untuk menekuni bisnis keluarganya dalam bidang percetakan buku tulis Kiky Creative Product dan bidang kuliner. 

Itulah Perjalanan Karier Rio Haryanto dari awal hingga saat ini. Nantikan informasi menarik lainnya di celebrities.id!

Editor : Hadits Abdillah