Perkembangan Teknologi Bikin Profesi Makeup Artist Makin Dilirik, Arman Armano: MUA Sekarang Lebih Kreatif

Syifa Fauziah
Jumat 23 September 2022 11:14 WIB
Perkembangan Teknologi Bikin Profesi Makeup Artist Makin Dilirik, Arman Armano: MUA Sekarang Lebih Kreatif
Arman Armano menilai MUA sekarang lebih kreatif. (Foto: celebrities.id/Instagram @armanarmano)

JAKARTA, celebrities.id - Menjadi MUA atau makeup artist saat ini merupakan profesi yang mulai dilirik masyarakat. Perkembangan teknologi rias dan tren makeup yang semakin luas membuat profesi ini yang tadinya dipandang sebelah mata mulai menjadi naik kelas.

Founder Arman Armano Academy dan Penyelenggara Arman Armano Makeup Awards (AAMA) 2022, mengatakan kalau sejak 2015 dunia makeup mulai ramai dan peminat masyarakat untuk terjun ke dunia makeup artist juga semakin tinggi.

"Ini profesi yang cukup menjanjikan, orang lebih respek, apalagi dengan munculnya makeup artist yang memberi image positif di masyarakat," ujarnya di sela-sela acara Arman Armano Makeup Awards (AAMA) 2022.

Menurutnya, salah satu alasan masyarakat sudah mulai tertarik dengan profesi tersebut karena diikuti dengan perkembangan teknologi.

"Orang mulai lebih menghargai profesi ini makanya banyak yang berbondong-bondong jadi MUA. Jadi, asalkan kita bisa mengoptimalkan sosial media semua bisa jadi makeup artist," katanya.

Arman mengatakan saat ini pertumbuhan MUA khususnya di Indonesia begitu cepat. Para MUA itu memiliki kreativitas dan inovasi yang baru dalam mengaplikasikan makeup.

"MUA sekarang tuh harus diakui mereka lebih kreatif. Mereka punya personal branding yang bagus sehingga dilirik oleh pasar," ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, ketika jadi MUA tak hanya sekedar bagus saja, tapi juga harus berinovasi dan menguasai semua teknik makeup agar tetap bisa eksis.

"MUA muda itu bermunculan, bahkan tiap bulannya nggak sedikit lho. Kalau kita gitu-gitu aja akan disalip, akan ketinggalan. Nggak sekadar bagus saja, tapi juga harus punya sesuatu yang kuat agar bisa dilirik pasar," katanya.

Editor : Endang Oktaviyanti