Permudah Wisatawan Mancanegara dan Jemaah Umrah, Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Segera Buka Layanan Paspor di Bandara Trunojoyo

Lukman Hakim
Rabu 03 Agustus 2022 11:27 WIB
Permudah Wisatawan Mancanegara dan Jemaah Umrah, Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Segera Buka Layanan Paspor di Bandara Trunojoyo
Bandara Trunojoyo bakal buka layanan paspor, permudah wisatawan mancanegara dan jemaah Umrah. (Foto: celebrities.id/Freepik)

SURABAYA, celebrities.id - Kanwil Kemenkumham Jawa Timur (Jatim) berencana membuka Unit Layanan Paspor (ULP) di Bandara Trunojoyo, Sumenep. Hal ini sebagai bentuk dukungan atas rencana Pemkab Sumenep yang hendak membuka rute penerbangan khusus jemaah Umrah.

Menurut Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Zaeroji, ULP menjadi upaya untuk semakin mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat. Pihaknya membuka diri untuk menjalin kerja sama dengan Pemkab Sumenep. 

"Warga Madura masih mendominasi jumlah pemohon paspor untuk saat ini. Baik untuk ibadah umrah dan pekerja migran maupun wisatawan mancanegara," ucap Zaeroji, Rabu (3/8/2022).

Mengingat kebutuhan masyarakat tersebut, Zaeroji menegaskan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mencoba berkoordinasi intens dengan instansi terkait. Yaitu untuk mewujudkan Bandara Trunojoyo jadi Bandara Internasional. 

"Sehingga pelayanan warga Madura yang akan menunaikan ibadah umrah dapat terakomodir," ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Sumenep Ahmad Fauzi menyampaikan saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa maskapai. Yaitu untuk penambahan rute penerbangan. Saat ini, Surabaya - Sumenep maupun sebaliknya masih jadi rute utama. 

Ke depan pihak Pemkab Sumenep akan mencoba membuka rute baru. 

"Ada opsi membuka rute Sumenep-Denpasar dan Sumenep-Jakarta," ujarnya. 

 

1
/
2