Pernah Tinggalkan Salat Wajib? Begini Cara Menggantinya 

Laras Dwi Sasmita
Kamis 13 Januari 2022 21:39 WIB
Pernah Tinggalkan Salat Wajib? Begini Cara Menggantinya 
Ustadz Abdul Somad menjelaskan bahwa umat Muslim wajib mengqodho salat wajib yang telah ditinggalkannya. (Foto: celebrities.id/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Salat lima waktu merupakan rukun Islam yang menjadi suatu kewajiban untuk setiap muslim mengerjakannya dilakukan. Namun, ada sebagian orang yang terkadang melalaikan salat lima waktu.

Dalam tausiah, Ustadz Abdul Somad menjelaskan bahwa seorang Muslim yang pernah meninggalkan salat fardhu wajib untuk menggantinya. 

Menurut Ustadz Abdul Somad mengganti salah wajib yang pernah ditinggalkan merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh seorang Muslim agar jauh dari umat yang dinilai kafir oleh Allah SWT. Hal tersebut bahkan dijelaskan oleh mazhab Hanafi, Maliki, Syafi'i, Hambali. 

"Salat wajib yang ditinggal-tinggal terus wajib untuk diganti. Menurut empat mazhab Hanafi, Maliki, Syafi'i, Hambali sembahyang yang lama-lama dulu wajib diganti namanya salat qodho," tutur Ustadz Abdul Somad, dikutip dari Kanal YouTube Ustadz Abdul Somad Official, pada Jumat (14/1/2022). 

Ustadz Abdul Somad pun menjelaskan cara mengganti salat wajib yang pernah ditinggalkan, yakni lakukan dengan cara mengqhodo salat tersebut satu kali dan ulang hal itu sebanyak berapa salat yang ditinggalkan. 

"Cara mengqhodonya di salat dzuhur nanti diqhodo satu kali begitu terus. Lakukan berapa lama dulu kau tinggal," tuturnya.

Editor : Hadits Abdillah