Perpanjang SIM Mudah, Cek Lokasi Layanan SIM Keliling di Jakarta 

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Senin 12 September 2022 08:04 WIB
Perpanjang SIM Mudah, Cek Lokasi Layanan SIM Keliling di Jakarta 
Perpanjang SIM di SIM keliling. (Foto: celebrities.id/ntmcpolri)

JAKARTA, celebrities.id – Awal pekan menjadi waktu yang tepat untuk memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Masyarakat juga tak perlu repot datang ke kantor Satpas SIM dengan antrean yang menumpuk.

Palayanan SIM Keliling menjadi cara yang sangat mudah untuk memperpanjang SIM yang masa berlakunya akan berakhir. Pemohon juga tidak perlu menunggu waktu lama dan hanya perlu mempersiapkan data yang diperlukan.

Layanan SIM Keliling juga tersebar di beberapa lokasi di Jakarta yang diselenggarakan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Berikut lokasi pelayanan SIM Keliling pada, Senin (12/9/2022), dan biaya perpanjangan yang dibutuhkan.

  • Jakarta Timur: Mall Grand Cakung
  • Jakarta Selatan: Kampus Trilogi Kalibata
  • Jakarta Barat: LTC Glodok dan Mall Citraland
  • Jakarta Pusat: Kantor Pos Lapangan Banteng

Sementara untuk waktu layanan SIM Keliling pada hari ini, Senin (12/9/2022), dilangsungkan mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB.

Layanan SIM Keliling Polda Metro Jaya hanya melayani permohonan perpanjangan SIM A dan C yang dapat dilakukan sebelum masa berlaku habis. Apabila masa berlaku SIM habis diberlakukan penerbitan seperti SIM Baru.

Untuk biaya perpanjangan SIM sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp80 ribu untu perpanjangan SIM A, dan Rp75 ribu untuk perpanjangan SIM C.

Syarat yang diperlukan untuk melakukan perpanjangan SIM A dan C sebagai berikut:

1. Foto Kopi KTP yang masih berlaku,

2. Foto Kopi SIM lama dan SIM asli,

3. Bukti Cek Kesehatan,

4. Bukti Tes Psikologi.

Selain layanan SIM Keliling, perpanjangan SIM juga bisa dilakukan di gerai-gerai SIM yang sudah ada, seperti berikut:

- Mal Taman Palem

- Mal Artha Gading

- Mal Blok M Square

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan dijalan raya wajib mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan. Ketentuan berlaku untuk pengendara yang tidak memiliki SIM diatur dalam Pasal 281.

Editor : Endang Oktaviyanti