Pertama dalam Sejarah, Laga Qatar-Ekuador Jadi Pertandingan Piala Dunia yang Dibuka dengan Gol Penalti

Icon CameraAndhika Khoirul Huda
Senin 21 November 2022 07:03 WIB
Pertama dalam Sejarah, Laga Qatar-Ekuador Jadi Pertandingan Piala Dunia yang Dibuka dengan Gol Penalti
Timnas Ekuador saat selebrasi kemenangan usai kalahkan Qatar. (Foto: celebrities.id/Instagram @go.qatar.2022)

AL KHOR, celebrities.id – Ada banyak fakta menarik dalam laga perdana Piala Dunia 2022 antara Qatar kontra Keuador. Salah satunya, pertama dalam sejarah, gol pembuka turnamen terbesar sejagat itu dicetak via tendangan penalti.

Pertandingan pembuka tersebut berlangsung di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar pada Minggu (20/11/2022) malam.Ā 

La Tri –julukan Ekuador- sukses membungkam Qatar dengan skor 2-0 di laga pembuka Grup A Piala Dunia 2022. Dua gol Enner Valencia pada menit 16 dan 31 menjadi penentu kemenangan wakil Amerika Selatan itu pada partai pembukaan.

Gol pertama Valencia itu lahir lewat titik putih yang dihadiahi wasit setelah striker Fenerbahce itu dijatuhkan di kotak terlarang oleh kiper Qatar, Saad A Sheeb. Lalu, dengan tenang dia sukses mengecoh sang kiper sehingga tendangan penalti mendatarnya berhasil bersarang di gwawang Qatar.
Ternyata, dilansir dari Twitter @OptaJoe, Senin (21/11/2022), itu adalah kali pertama dalam sejarah partai pembuka Piala Dunia dibuka dengan gol dari tendangan penalti. Sebelumnya, belum pernah sekalipun hal itu terjadi dalam laga perdana turnamen sepakbola terakbar sejagad itu sejak pertama digelar pada 1930 silam.

Valencia sendiri sebenarnya sudah berhasil membobol gawang Qatar saat laga baru berjalan tiga menit lewat tandukannya. Akan tetapi, gol itu dianulir oleh wasit karena salah satu pemain Ekuador berada dalam posisi offside ketika menerima tendangan bebas sesaat sebelum gol itu terjadi.

Momen itulah yang turut membantu terciptanya sejarah baru di Piala Dunia. Jika gol itu disahkan, tentu gol penalti mantan pemain West Ham United tersebut tak bakal mencatatkan torehan tersebut.
Setelah gol pertamanya itu, Valencia pun berhasil menjebol gawang tuan rumah dengan tandukannya pada menit 31 yang mengarah ke pojok kiri gawang. Penyerang 33 tahun itu pun sementara memimpin daftar pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2022 dengan dua gol.

Dua golnya itu juga membantu Ekuador sementara duduk di posisi puncak klasemen Grup A Piala Dunia 2022 dengan koleksi tiga poin. Laga lainnya di grup ini yang mempertemukan Belanda dan Senegal baru akan Ā berlangsung malam nanti, Senin (21/11/2022) pukul 23.00 WIB di Al Thumama Stadium.

Editor : Lisvi Padlilah