Pertama Kali di Indonesia, Orang dengan Gangguan Jiwa Divaksin Covid-19

Muhammad Sukardi
Senin 07 Juni 2021 20:49 WIB
Pemberian vaksinasi Covid-19 pada kelompok ODGJ karena mereka dinilai memiliki banyak komorbid. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id – Orang dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ mendapatkan vaksin untuk pertama kalinya. Seperti diketahui, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mencanangkan pemberian vaksin Covid-19 bagi penyandang disabilitas, baik disabilitas fisik maupun mental. Vaksinasi untuk kelompok ini sudah dimulai sejak 1 Juni 2021.

Menurut Budi, pemberian prioritas vaksinasi Covid-19 pada kelompok ODGJ ini karena mereka dinilai memiliki banyak komorbid yang sulit mereka utarakan sehingga amat penting pemberian vaksinasi bagi mereka.

"Ini pertama kali kami memberikan vaksin khusus ke Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). ODGJ umumnya komorbidnya banyak, karena mereka tidak bisa menceritakan dengan terbuka apa yang mereka rasakan. Oleh karena itu saya rasa bagus bisa mulai memberikan prioritas kepada orang yang dengan gangguan jiwa," jelas Menkes Budi, beberapa waktu lalu.

ODGJ sendiri bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi di seluruh fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi manapun dan tidak terbatas pada alamat domisili KTP.

 

1
/
2