Pertama Kali! Rafflesia Arnoldii Mekar di Luar Habitat Aslinya

Novie Fauziah
Rabu 14 September 2022 18:52 WIB
Pertama Kali! Rafflesia Arnoldii Mekar di Luar Habitat Aslinya
Rafflesia Arnoldii tambuh di Kebun Raya Bogor. (Foto: celebrities.id/Arif Firmansyah)

JAKARTA, celebrities.id - Selasa, 13 September 2022 untuk kali pertamanya dalam sejarah Kebun Raya Bogor, Jawa Barat bahkan di dunia, bunga Rafflesia Arnoldii mekar di luar habitat alaminya. Fenomena tersebut diklaim menjadi salah satu yang luar biasa.

Peneliti Rafflesia Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Sofi Mursidawati mengatakan, pihaknya berhasil melakukan konservasi Ex Situ untuk jenis Rafflesia Patma pada tahun 2010. Konservasi ini merupakan penyambungan inang Tetrastigma dari Ujung Kulon dengan Tetrastigma dari Pangandaran, Jawa Barat.

"Sejak saat keberhasilan pertama itu, Rafflesia Patma telah mekar sebanyak 15 kali di pembibitan Kandang Badak, Kebun Raya Bogor," katanya dalam keterangan resminya.

Tetrastigma ini merupakan tumbuhan inang yang diinokulasi dari biji Rafflesia Arnoldii Bengkulu pada 2006 silam. Akhirnya, setelah 16 tahun berhasil tumbuh di Kebun Raya Bogor.

Lebih lanjut, kata dia, penelitian dan upaya konservasi Ex Situ Rafflesia Arnoldii, sebetulnya sudah dilakukan di Kebun raya Bogor sejak masa Hindia Belanda. Akan tetapi kala itu belum pernah ada yang berhasil membuatnya tumbuh dan mekar.

Penelitian dan upaya konservasi berbagai jenis Rafflesia dan inangnya di Kebun Raya Bogor sendiri kerap menyita perhatian dari dalam maupun luar negeri.

Selain itu, mengingat pentingnya jenis bunga langka ini, kajian-kajian penelitian hubungan antara inang dan jenis-jenis Rafflesia akan terus dilakukan, karena belum diketahui secara pasti hubungan biologinya.

"Perlu diketahui masyarakat Indonesia, bahwa Rafflesia arnoldii merupakan ikon Provinsi Bengkulu dan telah ditetapkan sebagai Puspa Langka Indonesia," katanya.

Editor : Hadits Abdillah