Pertunjukan Kirab Budaya Meriahkan Semifinal Indonesia Open 2022, Seru!

Andhika Khoirul Huda
Sabtu 18 Juni 2022 17:55 WIB
Pertunjukan Kirab Budaya Meriahkan Semifinal Indonesia Open 2022, Seru!
Pertunjukan Kirab Budaya meriahkan Semifinal Indonesia Open 2022, seru! (Foto:celebrities/MPI Andhika Khoirul Huda)

JAKARTA, celebrities.id – Berbagai hiburan terus diberikan oleh panitia penyelenggara Indonesia Open 2022. Pada gelaran babak semifinal ada pertunjukan budaya Nusantara yang meramaikan Istora Senayan, Jakarta.

Dari pantauan MNC Portal Indonesia, Sabtu (18/6/2022), pertunjukkan yang bertajuk Kirab Budaya ini berlangsung di area hiburan lantai dua Istora Senayan dan menampilkan parade baju adat dari seluruh Nusantara. Tak hanya satu atau dua daerah, semua pakaian dari 34 provinsi yang ada di Indonesia ditampilkan dalam pertunjukan ini.

Para model yang tampil pun tak hanya sekadar diam saja. Mereka memamerkan pakaian-pakaian tersebut sambil menari dengan diiringi berbagai lagu daerah Indonesia yang disatu-padukan menjadi sebuah musik yang menarik. Setidaknya, ada delapan musik daerah yang diaransemen khusus untuk mengiringi Kirab Budaya ini yang dibawakan oleh Etnik Percussion.

Mulai dari Kalimantan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Sumatera, Aceh, Sulawesi hingga Papua, semuanya digabung dan ditutup dengan musik modern yang semakin menambah semarak suasana. Uniknya lagi, terdapat alat musi khas Papua yang mengiringi musik-musik tersebut yakni Tifa.

Alhasil, semakin lengkaplah keanekaragaman budaya Nusantara yang ditampilkan dalam Kirab Budaya ini. Dari penjelasan rilis yang diberikan PBSI kepada MPI, ada beberapa filosofi dari sejumlah instrumen yang terdapat dalam parade baju adat ini.

Contohnya adalah Rangde Bali yang merupakan ratu dari para leak dalam mitologi rakyat Bali, yang dijadikan simbol kekuatan jahat yang diakalahkan oleh Barong sebagai simbol kekuatan baiknya. Kemudian ada pula Hudoq yang merupakan karakter atau tarian khas dari Kalimantan Timur, yang diartikan sebagai bentuk ucapan syukur atas hasil panen yang melimpah.

Lalu, juga ada Si Gale-Gale, patung kayu yang mewakili pertunjukan tari saat ritual penguburan mayat suku Batak di Pulau Samosir, Sumatera Utara.

Setelah sekira 20 menit tampil di tempat, pertujunjukan pun berpindah ke tempat lainnya. Para model berkeliling mengelilingi selasar Istora Senayan untuk menyapa para penonton yang hadir.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra