Perusahaan asal India Tertarik Beli Bandara Kertajati, Masuk Tahap Negosiasi

Icon CameraAgung Bakti Sarasa
Rabu 25 Januari 2023 21:21 WIB
Perusahaan asal India Tertarik Beli Bandara Kertajati, Masuk Tahap Negosiasi
Rencana penjualan Bandara Kertajati mulai mengerucut. Perusahaan asal India disebut bakal menjadi pembeli bandara kebanggaan warga Jabar itu. (Foto: celebrities.id/Doc. BIJB)

BANDUNG, celebrities.id  - Perusahaan asal India dilaporkan serius untuk memboyong Bandara Kertajati, yang berlokasi di Kabupaten Majalengka. Setelah sebelumnya, perusahaan asal Arab Saudi juga sempat memperoleh tawaran tersebut.

"Kemungkinan mengerucutnya ke India, tapi ini belum tahu karena masih tahapan negosiasi dan masih melakukan pembicaraan," kata VP of ICT and Corcomm PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Agus Sugeng Widodo, Rabu (25/1/2023).

Akan tetapi, Agus enggan memberikan secara detail progres negosiasi dengan perusahaan asal India itu. Pasalnya, tahapan negosiasi belum masuk tahap final.

"Kita belum bisa mengatakan karena masih komunikasi, mencontohkan regulasi antarnegar dan itu kan bukan perkara yang mudah," katanya.

Menurut Agus, negosiasi sangat perlu dalam penjualan saham tersebut. Mengingat aturan antarnegara berbeda, sehingga perlu menemui titik temu agar tidak melanggar peraturan di negara masing-masing.

"Terutama dari regulasi jangan sampai menambah-nambah regulasi. Lalu tentu bagiamana kepentingan negara, berikutnya dari sisi profitnya nanti," katanya.

Agus menilai, investasi akan membantu meningkatkan perekonomian dan beberapa sektor lain di Bandara Kertajati. 

Kendati demikian, Agus memastikan pemegang saham mayoritas tetap PT BIJB lantaran penjualan saham ke pihak asing tidak diizinkan di atas 51 persen.

"Sebagaimana penjualan saham yang lainnya. Cuma memang mereka tidak boleh lebih sahamnya, harus di bawah 51 persen. Sehingga pemerintah Indonesia atau Jabar mempunyai kewenangan pemenang saham yang lebih besar," kata Agus.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2