5 Pesan dalam Film Keluarga Cemara 2, Salah Satunya tentang Parenting

Iqbal Widiarko
Rabu 22 Juni 2022 11:10 WIB
5 Pesan dalam Film Keluarga Cemara 2, Salah Satunya tentang Parenting
Film Keluarga Cemara 2 memiliki banyak pesan moral yang layak ditonton bersama keluarga. (Foto:celebrities.id/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Pesan dalam film Keluarga Cemara 2 dapat menjadi daya tarik film yang rencananya akan tayang serentak di bioskop-bioskop Indonesia pada Kamis, 23 Juni 2022. 

Film tersebut diperankan oleh sejumlah nama yang turut bermain di seri pertama, seperti Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Adhisty Zara, Widuri Putri, dan masih banyak pemain terkenal lainnya.

Film Keluarga Cemara 2 adalah film bertemakan drama kehidupan yang mengupas sudut pandang kehidupan nyata sebuah keluarga sederhana di Indonesia. Perbedaannya dengan film pertamanya, film Keluarga Cemara 2 mengisahkan tentang Abah (Ringgo Agus Rahman) yang akhirnya mendapatkan pekerjaan baru.

Keluarga Cemara seri pertama sukses menarik penonton hingga satu juta orang lebih. Kisah-kisahnya juga sangat menginspirasi dan punya banyak pesan moral yang layak ditonton bersama keluarga. Anggia Kharisma selaku produser film ini juga menerangkan bahwa Keluarga Cemara 2 adalah sebuah karya yang tidak hanya menghibur, namun juga memberikan nilai moral dan pesan yang baik.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Rabu (22/6/2022) telah merangkum pesan dalam film Keluarga Cemara 2, sebagai berikut.

Pesan dalam Film Keluarga Cemara 2

1. Berharganya Waktu Kebersamaan Keluarga

Dalam film ini lebih mengerucutkan pada peran seorang kepala keluarga yakni ayah atau abah didalam mengatur waktu bisnis dan pekerjaannya dengan waktu bersama keluarganya sendiri. Seringkali seorang ayah terlalu sibuk mengurus pekerjaannya hingga lupa bahwa dirinya memiliki keluarga yang harus diperhatikan agar tetap hangat dan utuh.

Salah satu tokoh cerita Abah yakni Ringgo Agus Rahman juga sempat menerangkan, bahwa banyak seorang ayah yang kesulitan untuk membagi waktunya berkumpul bersama keluarga, khususnya dengan anak-anaknya atau sekedar hanya main bareng. Tokoh Abah ini juga memberi semangat bagi para ayah di seluruh dunia lewat film ini agar terus berusaha memperoleh waktu luang tersebut walaupun hanya sebentar, supaya anak-anaknya mendapatkan perhatian dan merasa keberadaan ayahnya penting dalam sebuah ikatan kekeluargaan.

2. Pentingnya Waktu untuk Diri Sendiri

Waktu adalah uang, istilah tersebut tampaknya akan berlaku seumur hidup bagi manusia. Begitu berharganya waktu ditampilkan dalam satu adegan film Keluarga Cemara 2 yang sebenarnya tidak ada dalam skenario aslinya.

Adegan ketika si karakter Emak menyendiri di ruang makan sambil meneguk segelas teh ini seakan ingin menyampaikan bahwa perempuan dengan segala kekuatan cinta dan kelembutannya, perlu tetap mempunyai waktu untuk diri sendiri atau sering dikenal dengan istilah me time. Me time, diterangkan oleh karakter Emak yakni Nirina Zubir dapat menjadi media healing yang paling tepat.

3. Pelajaran tentang Sebuah Janji

Film Keluarga Cemara 2 juga menceritakan tentang gejolak perkembangan usia yang dialami oleh para anak si Abah. Ara sebagai anak kedua sempat merasa kecewa sebab Abah dan Teh Euis pernah berjanji tentang sesuatu dan tidak bisa mereka tepati. Karena hal tersebut Ara tidak ingin lagi membuat janji kepada siapa pun.

 

1
/
2