Peti Mati Ratu Elizabeth II Dilapisi Timah, Alasannya Bikin Terkejut

Muhammad Sukardi
Senin 19 September 2022 08:53 WIB
Peti Mati Ratu Elizabeth II Dilapisi Timah, Alasannya Bikin Terkejut
Peti mati Ratu Elizabeth II dilapisi timah. (celebrities.id/ctvnews)

JAKARTA, celebrities.id - Ratu Elizabeth II dimakamkan di Kapel St George yang terletak di dalam Kastil Windsor, Inggris pada hari ini, Senin (19/9/2022). Peti Mati bakal disimpan bersebelahan dengan peti ibu, ayah dan sang suami.

Fakta menarik terungkap bahwa peti mati Ratu Elizabeth II dilapisi timah dan juga ornamen mewah lainnya. Bukan hanya mengikuti tradisi kerajaan, tapi ada alasan mengejutkan di balik melapisi timah di peti mati sang Ratu.

Menurut laporan CTV News, praktik melapisi peti mati dengan timah sudah dilakukan pihak kerajaan Inggris ratusan tahun lalu. 

Ini karena peti mati tersebut harus disimpan di suatu tempat berdinding logam, bukan dikubur di tanah, sehingga membantu memperlambat proses pembusukan.

"Timah berfungsi mencegah masuknya uap air pada peti mati yang terbuat dari kayu ek tersebut. Dengan begitu, jasad yang ada di dalam peti bisa bertahan hingga satu tahun lamanya," tulis laporan laman tersebut.

Praktik melapisi peti mati dengan timah sejatinya sudah dimulai di era Victoria. Di masa itu, peti mati yang dikubur di atas tanah perlu mendapat tindakan khusus yaitu melapisi peti mati dengan timah supaya memperlambat proses pembusukan.

Anggota keluarga kerajaan dan bangsawan Inggris sudah menggunakan teknik peti mati berlapis timah setidaknya selama empat abad. 

Ini terbukti dari catatan sejarah Westminster Abbey bahwa Ratu Elizabeth I dan Raja Charles II dimakamkan di peti mati berlapis timah.  

Bahkan, Putri Diana, Sir Winston Churchill, dan Sir Francis Drake pun dikebumikan dengan peti mati berlapis timah.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi