Piaggio Cuek Banyak Motor Listrik Mirip Vespa: Kita Sih Senang, Artinya Brand Kita Menginspirasi

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Sabtu 14 Januari 2023 17:21 WIB
Piaggio Cuek Banyak Motor Listrik Mirip Vespa: Kita Sih Senang, Artinya Brand Kita Menginspirasi
Model Vespa selalu menjadi inspirasi brand lain. (Foto: Piaggio)

JAKARTA, celebrities.id – Vespa adalah salah satu motor yang desainnya selalu ikonik. Hal ini dibuktikan dengan banyak peminat dan banyaknya brand yang mengikuti model dari motor yang dikeluarkan Piaggio ini.

Ya, desainnya yang ikonik tersebut membuat produsen motor listrik asal China meniru desain motor pabrikan asal Italia itu. 

Menanggapi hal ini, PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia (PID) Ayu Hapsari menegaskan pihaknya enggan mempermasalahkan desain motor-motor listrik tersebut. Menurutnya, konsumen saat ini sudah pandai dalam menilai sebuah produk.

“Kalau kita sih senang ya, artinya brand kita menginspirasi. Kalau soal ini (ditiru), sepertinya bukan Vespa saja. Prinsipal juga tidak ada teguran, jika dilihat secara detail tidak sama, sekilas mirip saja. Kalau mau mempersoalkan itu kan bentuknya plek-plekan sama gitu,” kata Ayu saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Rasa penasaran juga sempat membuat Ayu datang ke sebuah pameran untuk melihat bagaimana bentuk motor listrik yang menyerupai Vespa. Setelah melihat, dia memastikan motor tersebut sangat berbeda dengan Vespa buatan Piaggio.

“Bagi kami sih artinya brand ini (Vespa) sangat menginspirasi. Kalau berbicara apakah masalah kemiripan, itu biar pasar saja yang menentukan. Konsumen juga sudah pandai kok dalam menilai,” ujarnya.

Piaggio Indonesia sendiri sudah membangun pabrik di Cikarang, Jawa Barat yang baru memproduksi Vespa LX125. Ke depannya, akan ada rencana membawa produk baru untuk dirakit di pabrik tersebut demi menekan ongkos produksi.

“Kalau kita mau membawa produk baru dan apa pun itu, semuanya harus sesuai dengan standar global Piaggio Group. Jadi, kita punya standar pabriknya seperti apa dan kualitasnya seperti apa,” ucap Ayu.

Selain itu, Piaggio Indonesia juga siap membawa Vespa listrik, Elettrica jika semua infrastruktur yang dibutuhkan sudah terbangun. Bukan hanya pengisian daya, tapi mempersiapkan SDM agar siap menangani keluhan pada motor listrik.

“Persiapan selalu ada tapi kita perlu mengedukasi. Kita semua tahu edukasi itu bukan bukan hanya alat ya, tapi mengedukasi mekanik dan semua struktur yang ada di dalam dealer kita,” ujar Ayu.

“Itu adalah kelebihan kita, yang menandakan bahwa kita bukan cuma mau jual produk tapi memang menjual service yang ada setelah mereka membeli produk kita apapun produknya,” katanya.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News