PINTU Incubator 2.0 Pamerkan Koleksi Fesyen Karya Anak Bangsa, Manfaatkan Bahan Daur Ulang Denim

Icon CameraHasyim Ashari
Rabu 16 November 2022 22:14 WIB
PINTU Incubator 2.0 Pamerkan Koleksi Fesyen Karya Anak Bangsa, Manfaatkan Bahan Daur Ulang Denim
PINTU Incubator 2.0 pamerkan koleksi fesyen karya anak bangsa. (Foto: celebrities.id/Hasyim Ashari)

JAKARTA, celebrities.id - Perhelatan acara PINTU Incubator 2.0 memamerkan beragam koleksi fesyen karya 12 pelaku usaha brand lokal yang digelar di Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

Nantinya, fesyen yang dipamerkan akan bersaing di pameran Paris Trade Show pada Maret 2023 mendatang.

Menariknya, Thresia Mareta selaku Founder LAKON Indonesia sekaligus inisiator PINTU Incubator 2.0 mengungkapkan bahwa koleksi fesyen yang dipamerkan dibuat dari bahan daur ulang denim yang sudah tak terpakai.

"Ini sih yang sekarang kita masih mix and match gitu sama koleksi sebelumnya. Tapi yang khusus dilihat denim-denim tadi itu adalah up cycling sekarang kan isu yang lagi besar itu sustainability dimana kita sebisa mungkin memproduksi material yang sudah ada gitu," ucap Thresia Mareta kepada awak media, Rabu (16/11/2022).

Lebih lanjut, Thresia mengaku koleksi daur ulang denim tersebut bertujuan meminimalisir pencemaran lingkungan sekaligus menambah nilai estetika fesyen yang dipamerkan.

"Karena kalau produksi material baru kan wastenya bertambah, chemical yang merusak tambah banyak. Jadi, up cycling denim itu kita buat dari denim yang sudah diproduksi, barangnya baru dan menambah value si barang itu," ujarnya.

"Nah itu kan perlu kreativitas, karena barangnya itu sudah ada, cuttingnya udah ada. Jadi kita lihat secara global memang up cycling kadang-kadang jadi lebih tinggi harganya dan barang jadi unik barangnya," tuturnya.

Editor : Imantoko Kurniadi