Pintu Limpasan Air Waduk Saguling Dibuka, 9 Objek Wisata di Sungai Citarum Ditutup Sepekan

Adi Haryanto
Jumat 23 September 2022 21:00 WIB
Pintu Limpasan Air Waduk Saguling Dibuka, 9 Objek Wisata di Sungai Citarum Ditutup Sepekan
Emak-Emak Terjebak di Sungai Irigasi usai Panggung Hajatan Tamu Undangan Ambruk. (Foto:celebrities.id/Freepik)

BANDUNG BARAT, celebrities.id - Adanya rencana pembukaan pintu limpasan air (spillway) di Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), membuat sekitar sembilan objek wisata di sepanjang Sungai Citarum bakal ditutup sementara selama sepekan.

Khususnya objek wisata yang berada di wilayah antara Kecamatan Saguling hingga Kecamatan Cipatat. Jika tidak ada perubahan rencananya pembukaan pintu limpasan air di tiga spillway Waduk Saguling bakal dilakukan Sabtu 24 September 2022.

"Sudah ada pemberitahuan dari pihak Indonesia Power, makanya untuk keamanan wisata ini ditutup sementara selama seminggu," kata Pengelola Objek Wisata Sanghyang Heuleut, Agus Darmawan, Jumat (23/9/2022).

Sembilan objek wisata tersebut yakni Curug Pelangi, Green Canyon Cikahuripan, Cukang Rahong, Curug Hawu, Curug Halimun, Sanghyang Heuleut, Sanghyang Poek, Sanghyang Kenit, dan Wisata air Jembatan Cisameng. Semua objek wisata itu akan terimbas ketika debit air di Sungai Citarum Lama naik setelah spillway dibuka.

Diprediksi peningkatan debit air mencapai 100 meter kubik per detik, karena tiga spillway yang dibuka masing-masing akan setinggi sekitar 10 sentimeter. Sehingga hal tersebut harus diantisipasi karena biasanya di akhir pekan banyak wisatawan yang datang ke sejumlah objek wisata tersebut.

"Evakuasi alat penunjang wiaata kan butuh waktu makanya agak lama, seperti evakuasi pelampung dan barang-barang di warung," tuturnya.

Pengelola Objek Wisata Curug Halimun, Rian, menyampaikan hal yang sama. Meski tidak melakukan evakuasi alat-alat penunjang wisata pihaknya tetap ikut menutup kunjungan wisata untuk memastikan keamanan.

"Kita juga tutup seminggu, karena kalau dipaksakan juga bahaya. Arus airnya pasti deras kalau spillway Waduk Saguling dibuka," ucapnya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra